Enaknya Rombongan

 

Pernah melihat ikan di kolam yang jernih airnya? Ikan biasanya hidup bergerombol. Ikan mas itu akan bergerombol dengan ikan mas. Ikan gurame dengan gurame. Lele dengan lele. Tahu kenapa?

Aku tak tahu persis, terus terang aku tak pernah wawancara dengan ikan-ikan itu. Tapi firasatku mengatakan, ikan akan merasa aman, nyaman dan senang jika berombongan dengan sesamanya.

Sama dengan bangsa manusia. Biasanya orang Jawa itu lebih suka ngumpul dengan orang Jawa. Sunda dengan Sunda. Batak dengan Batak dan sebagainya. Alasannya mudah ditebak, kesamaan itu lebih mudah menyatukan.

Jadi, wajar kalo ada paguyuban Anak Minang, Paguyuban Jawa, Sulawesi dan sebagainya. Semangat persaudaraan kesukuan itu nampak dalam sejarah sumpah pemuda.

Yang unik, ternyata kita masuk ke dalam surga dan neraka juga berombongan. Tentu saja rombongan besarnya cuma dua. Rombongan orang-orang beriman dan rombongan orang-orang kafir.

Gak percaya? Bacalah QS. Az-Zumar : 71-73

(71). Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?” Mereka menjawab: “Benar (telah datang)”. Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir.”
Dikatakan (kepada mereka): “Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya”

(72). Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.

(73). Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya”.

Jadi, kamu mau ikut rombongan yang mana?

#Budipur