Akibat Cuitan Rasis Terhadap Muslim, Pria Inggris Ini di Tahan Polisi

Polisi inggris menangkap seorang pria bernama   Matthew Doyle yang memicu kemarahan publik akibat cuitannya di Twitter mengumbar kebencian terhadap komunitas Muslim pascaterjadinya serangan Brussels.

“Saya berpapasan dengan seorang wanita Muslimah di Croydon, kemarin. Saya pun meminta penjelasannya mengenai tragedi Brussels. Perempuan itu mengatakan, ‘(Insiden Brussel) itu tidak ada hubungannya dengan saya’. Bagi saya, itu adalah sebuah jawaban yang penuh kebohongan,” tulis Doyle lewat di laman Twitter yang ia unggah pada Rabu (24/3) waktu setempat, lansir Republika

Cuitannya itu kemudian menuai reaksi kemarahan dari publik Inggris. Ia pun segera menjadi bulan-bulanan dari sejumlah pengguna media sosial di negaranya sendiri.

Tidak terima dengan kecaman dari masyarakat dunia maya, Doyle pun membela diri. Di beberapa postingan berikutnya di Twitter, ia mengaku marah dan emosi kepada kaum Muslim. Lewat akun @MatthewDoyle31, pria itu menulis, “Tanah Inggris hanya untuk bangsa Inggris, tidak ada toleransi ancaman Islam untuk bangsa kita.”