Ketua Baznas Jabar Buka Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Moh. Natsir

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat, H. Arif Ramdani, MH., secara resmi membuka Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Moh. Natsir pada Kamis malam, 10 Desember 2015, di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar, Bandung. Inisiator SPI, Akmal, M.Pd.I., turut hadir pada kegiatan perkuliahan pertama tersebut. Arif Ramdani menyatakan bahwa kegiatan SPI ini sejalan dengan program Baznas yaitu Kaderisasi 1.000 Da’i dan Pemikir Islam di Indonesia.

Dalam kata sambutannya, Ketua Baznas Jabar ini mengharapkan kepada para peserta yang menurutnya para calon pemikir Islam tersebut agar dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya membayar zakat. Menurutnya, potensi zakat di Indonesia saat ini mencapai angka Rp 200 triliun dan dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Namun saat ini, realisasi pengumpulan zakat lewat Lembaga dan Badan Amil Zakat yang ada belum maksimal, yaitu hanya sekitar 20% dari potensi zakat.

Lebih lanjut Arif menyatakan bahwa Baznas Jabar mendukung kegiatan SPI Moh. Natsir ini dan juga menaruh perhatian sangat besar pada kegiatan-kegiatan yang serupa. Sejalan dengan itu, Akmal menjelaskan bahwa sebagian besar biaya operasional SPI ini bukan dari saku peserta. “Oleh sebab itu, setiap peserta harus mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh,” tegasnya.

SPI Moh. Natsir ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilaksanakan di Bandung. Di Jakarta, SPI telah memiliki alumni sebanyak tiga angkatan. Kegiatan perkuliahan SPI Moh. Natsir akan dilaksanakan di Ruang Seminar Besar Pusdai, Bandung, selama empat bulan kedepan dengan pemateri yang berbeda-beda sesuai dengan bidang keahliannya.

Ahmad Susanto Dwi Cahyo