Para Tokoh Dunia Islam Ucapkan Selamat Atas Kemenangan AKP

Kemenangan  AKP pada pemilu ulang di Turki bukan hanya kemenangan bagi rakyat Turki. Tapi juga kemenangan bagi umat islam seluruh dunia.  Hal ini tampak dari perbagai pernyataan tokoh dunia islam.

Ketua partai keadilan dan pembangunan (AKP) Ahmed Davutoglu, Ahad (1/11/2015), menyampaikan sambutan di depan pendukung partainya di kota Konya, kota kelahirannya.

Menanggapi kemenangan yang diperoleh partainya pada pemilu dini, Davutoglu mengatakan, “Kemenangan ini bukan kemenangan kita. Ini adalah kemenangan umat kita. Yang terjadi hari ini adalah kemenangan untuk demokrasi kita.”

Davutoglu juga mengatakan, ” Ini adalah kemenangan untuk umat kita. Semoga Allah Taala memberkahi semua pihak yang berjasa dalam kemenangan ini.”

Dari Palestina Wakil ketua biro politik Hamas, Ismail Haniyeh mengucapkan selamat atas kemenangan AKP di pemilu Turki, Ahad (1/11/2015). Hal itu disampaikannya melalui sambungan telepon dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

“Kemenangan AKP ini menyebabkan getaran luar biasa di Palestina, terutama di Al-Quds, dan Gaza,” ujar mantan Perdana Menteri Palestina ini. Hal ini wajar karena Erdogan dikenal selalu bersikap mendukung permasalahan Palestina yang saat ini masih dijajah oleh Israel.

Sementara itu, Presiden Erdogan berterima kasih atas ucapan selamat ini. Erdogan berjanji akan terus mendukung permasalahan Al-Quds. “Salam hormat saya untuk rakyat Palestina,” demikian pesan Erdogan.

Dari Tunisia,  pemimpin gerakan Al-Nahda di Tunisia, Syaikh Rached Ghannouchi, juga memberikan ucapan selamat atas kemenangan partai keadilan dan pembangunan (AKP) di Turki dalam pemilu dini, Ahad (1/11/2015) kemarin

“Selamat untuk Turki. Selamat untuk AKP. Selamat untuk para sahabat. Selamat juga untuk diri kita.” ujarnya.

Tak ketinggalan Ikhwanul Muslimin Mesir mengucapkan selamat pada Senin untuk partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) atas kemenangan pemilu, yang secara efektif akan mengembalikan suara mayoritas di parlemen Turki.

Dalam pernyataan yang dimuat di Facebook, Ikhwan mengatakan hasil pemilu Turki Minggu kemarin mengirim “pesan positif kepada semua orang yang mendukung revolusi, kebebasan dan demokrasi”.

“Hasil dari pemilihan anggota parlemen Turki adalah jawaban terbaik untuk konflik berdarah dan musuh demokrasi di Mesir dan Suriah, Zionis, dan kekuatan regional dan internasional yang menentang kehendak bangsa merdeka,” kata kelompok itu.

Sementara Pemerintah Rezim Mesir, belum mengomentari hasil pemilu Turki.

Menurut hasil awal, Partai AKP memperoleh 49,48 persen suara – jauh lebih tinggi dari yang telah diperkirakan oleh lembaga survei – memberikan AKP predikat mayoritas tunggal (317 dari 550 kursi) di parlemen. 

(Holil/berbagai sumber)