Sebut Ryamizard sebagai Presiden RI, Washingthon Post akan Ralat Berita

Kesalahsangkaan terhadap sosok presiden RI kembali terjadi diluar negri. Kalau sebelumnya Arab Saudi salah dalam menyebut nama presiden RI, kemudian di Korea Selatan sebuah spanduk yang juga salah menyebut Megawati sebagai presiden RI.

Kini di Amerika sebuah koran yang punya reputasi besar ikut terbawa tren kesalah sangkaan terhadap sosok presiden RI.

Pada Selasa (27/10) ini, Washington Post menurunkan tulisan soal kunjungan kenegaraan Jokowi bertemu Obama di Gedung Putih.

Di halaman A10, terdapat sebuah foto hasil jepretan Jim Watson dari Agence France-Presse yang menampilkan prajurit AS dan juga Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu sedang hormat di samping Sekretaris Pertahanan AS Ashton B. Carter saat hadir di Pentagon.

Namun, pada keterangan foto, bukan nama Ryamizard yang dicantumkan.

Washington Post justru salah mengidentifikasikan pria berjas dengan dasi merah itu sebagai Presiden Jokowi. Ada pun, keterangan yang dibuat surat kabar itu bertuliskan “Indonesian President Joko Widodo salutes a color guard at the Pentagon, on Monday. At right is Defense Secretary Ashton B. Carter”.

Foto ini pun kemudian menyebar di jejaring media sosial dan menjadi perbincangan. Presiden Jokowi sendiri pada hari itu tidak berada di Pentagon.

Padahal pada hari yang sama, Jokowi bertemu petinggi Chevron dan General Electric.

Pada sore hari, Jokowi beserta rombongan bertolak ke tanah air dan dijadwalkan tiba pada Kamis (29/10/2015) pagi.

Melihat Kejadian tersebut salah seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Achmad Anugerah dalam akun media sosialnya menampilkan balasan e-mail dari Juliet Eilperin yang dikirimkan dari Washington DC pada Selasa (27/10/2015) pagi waktu setempat.

Sebelumnya, Achmad Anugerah menuliskan e-mail kepada Juliet Eilperin terkait kesalahan identifikasi foto.

Pada foto itu terlihat Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, tetapi dituliskan sebagai Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Achmad Anugerah menuliskan,

“According with the article that you created about the Indonesian Presidents visit to the United States in Washington Post, photos in your article is the Defense Minister of Indonesia, Ryamizard Ryacudu”.

Tidak berselang lama, Juliet Eilperin menjawab e-mail tersebut.

“Thanks, Getty, which provided the photo and caption made a mistake. I didn’t see the photo until this morning, and we will run a print correction”.
(Holil)