Foto yang Beredar di Medsos Ternyata Bukan Jemaah Haji Indonesia

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat memastikan bahwa beredarnya foto di media sosial bukan merupakan jemaah haji Indonesia yang menjadi korban peristiwa Mina.

“Foto-foto yang beredar di media sosial, setelah kami telusuri, ternyata tidak benar bahwa itu adalah jemaah haji Indonesia yang menjadi korban peristiwa Mina,” tegas Arsyad Hidayat dalam jumpa pers di Jeddah, Jumat (02/10) pukul 10.15 waktu setempat.

Sebelumnya, media sosial ramai mengabarkan foto perempuan yang sedang terbaring di rumah sakit dan mengkaitkannya dengan nama jemaah haji Indonesia yang menjadi korban peristiwa Mina. Kedua nama jemaah yang dikaitkan adalah Anah Suhana binti Abbas dan Eri Sukanti binti Mulyo Suyitno.

Mengenai hal itu, Arsyad Hidayat memberikan keterangan sebagai berikut:

Jamaah atas nama Anah Suhana binti Abbas No. Paspor B0925510 (JKS 49), sebagaimana banyak disebut di media sosial, bukanlah korban peristiwa Mina. Yang bersangkutan wafat di RS Emergency Mina pada 1 Oktober 2015 karena sakit.

Jamaah atas nama Eri Sukanti binti Mulyo Suyitno, No Paspor B 1042151 (SUB 61), yang juga banyak disebut di media sosial sebagai korban Mina berikut fotonya, adalah bukan korban peristiwa Mina. Yang bersangkutan saat ini dalam keadaan sehat wal afiat baru melaksanakan umrah.

Adapun perempuan sedang terbaring di rumah sakit, yang fotonya banyak beredar di media sosial, telah ditemui tim dokter Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah. Karena kondisi pasien tersebut lemah, tim melakukan pendekatan khusus untuk menggali informasi perempuan tanpa identitas itu. Hasilnya, perempuan itu mengaku sebagai orang Burma. Dia sama sekali tidak bisa mengenali tulisan maupun percakapan dalam bahasa Indonesia. (kemenag)