Anak Saya Sama Nenek Mandiri, Tapi Sama Orangtuanya Kok Gak Ya?

Ilustrasi. [fightbait.com]

Khanza, putri kecilku (2th 4 bln) kalo ditinggal di rumah sama eyangnya nurut dan mandiri banget kata eyangnya, tapi kalo sama abi dan uminya di rumah jadi super manja, malah kayak separation anxiety disorder sama saya… pokoknya ke mana-mana ngikut terus.

Tanggapan:

Ya wajarlah jika kondisinya begitu. Ayah ibu dua-duanya kerja, terus anak ditinggal. Saat bertemu ayah ibu, jika kita jadi anak, apa yang ingin kita lakukan? Sedapat mungkin menarik perhatian, kasih sayang, keinginan, cinta, pelukan, permainan, dari orangtua. Dia kan kangen sama ayah bundanya.

Maka usul saya, ya salurkan kangennya dengan memberikan perhatian penuh saat kita bersama dia, apalagi jika kita orangtua bekerja. Kedua, setelah perhatian diberikan penuh, saat hendak berpisah dengan dia konsisten. Kalau mau pergi ya pergi. Tak usah pake acara nyogok, merayu, ngumpet dll. Cukup ngomong sama anak dengan lembut “ayah ibu harus berangkat ya nak. Insya Allah kita sore ketemu lagi!”

Insya Allah setelah ratusan kali, anak akan faham bahwa itu kondisi yang harus dilewati dia dan dia akan baik-baik saja. Asal konsisten lho ya. Yang merusak adalah ketika orangtua hendak berpisah dengan anak, tidak konsisten. Sudah di mobil, di motor, gara-gara anak nangis, balik lagi.

Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari
Direktur Auladi Parenting School
www.auladi.net