India Bikin Aplikasi untuk Jaga Keselamatan Jamaah Haji

Cobalah ketikkan kata kunci ‘Indian Hajj Accommodation Locator’ di aplikasi Playstore, Anda akan menemukan sebuah aplikasi khusus bagi jamaah haji asal India. Sesuai namanya, aplikasi ini bagaikan GPS untuk melacak keberadaan jamaah haji selama di Arab Saudi.

Aplikasi yang dijalankan pada smartphone Android ini sengaja dibuat pemerintah India untuk menjamin keselamatan jamaah haji. Di dalamnya terdapat fitur untuk mengetahui lokasi keberadaan jamaah, nomor kontak konsulat, jalur perjalanan yang bisa ditempuh ke berbagai lokasi, hingga fasilitas emergency untuk jamaah yang tersesat. Jamaah haji dapat mengakses aplikasi ini hanya dengan memasukkan nomor paspornya ketika login.

Selain aplikasi tersebut, pemerintah India juga memberikan sebuah kartu sim (simcard) khusus bagi setiap jamaah. Hal ini agar seluruh kontak jamaah haji bisa masuk ke dalam sistem untuk menjamin keselamatan jamaah. Hebat bukan?

Kemajuan teknologi sudah sebegitu membantu manusia dalam kehidupan. Langkah pemerintah India yang notabene mayoritas Hindu ini patut kita acungi jempol. Bagaimana dengan Indonesia, negara yang mayoritas penduduknya muslim? Kapan pihak terkait membuat aplikasi serupa untuk jamaah haji dan umroh Indonesia? (rizaldy)