Petinju Ini Bawa Konvoi Bantuan untuk Pengungsi Suriah di Pulau Lesbos

Amir Khan. [theboltonnews.co.uk]

Petinju Inggris, Amir Khan menunjukkan kepeduliannya terhadap penderitaan yang dialami para pengungsi Suriah. Khan terbang ke Yunani dengan membawa bantuan untuk pengungsi Suriah yang terdampar di Pulau Lesbos.

Peraih medali emas Olimpiade itu menempuh jarak 2.000 mil dengan membawa kebutuhan para pengungsi berupa makanan, pakaian, dan obat-obatan.

Khan tergerak membantu setelah melihat foto Aylan Kurdi, bocah Suriah usia tiga tahun yang tewas di pantai Turki.

“Sangat menyedihkan melihat semua ini. Lebih menyedihkan adalah mengetahui banyak nyawa akan hilang, kecuali kita memberikan bantuan,” ujar Khan seperti dikutip Mirror, Senin (14/9).

Petinju berusia 28 tahun itu memimpin relawan Penny Appeal dan Amir Khan Foundation dan berangkat ke Yunani.

“Kami melihat orang-orang di negara seperti Jerman melakukan begitu banyak hal untuk pengungsi. Saya tahu orang-orang di Inggris juga murah hati dan bijaksana. Konvoi ini adalah cara yang bagus bagi semua orang untuk memberikan bantuan,” lanjutnya.

Konvoi kemanusiaan Khan berangkat dari kampung halaman Khan di Bolton, Inggris dan mengelilingi Eropa selama empat hari. Lalu dari Athena, Khan menuju Pulau Lesbos, Yunani untuk membagikan langsung bantuan yang sudah terkumpul kepada para pengungsi.

Khan berharap aksinya memotivasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama. “Tolong tunjukkan dukungan Anda untuk orang-orang yang tidak bersalah dan membutuhkan bantuan kita,” demikian Khan.

Ini bukan pertama kali khan memberikan bantuan. Pada Desember tahun lalu, dia menyumbangkan celana yang dibagian pinggangnya terbuat dari emas senilai 30 ribu pound sterling ke sekolah Peshawar di Pakistan, tempat 132 anak tewas oleh kelompok bersenjata Taliban. (sa/berbagaisumber)