Konferensi Tentang Pemberitaan Islam dan Muslim Inggris Digelar di London

Ilustrasi: koran-koran Inggris.

Sebuah konferensi bertema “Reporting Islam and Muslims in Britain” (Pemberitaan Islam dan Muslim di Inggris) berlangsung Selasa di London, yang diselenggarakan oleh koran Muslim tertua di Inggris “The Muslim News” bekerja sama dengan Komunitas Editor (The Society of Editors).

Dalam acara ini, editor dan wartawan senior dari saluran-saluran media utama akan bergabung dengan anggota dan pemimpin komunitas Muslim. Temuan awal dalam studi yang berlangsung menganalisa laporan media Islam dan Muslim dalam 17 tahun terakhir.

Konferensi ini mempertemukan pemimpin dari media dan industri berita dan anggota terkemuka dari masyarakat Muslim Inggris.

Diketuai oleh Fatima Manji dari Channel 4 News, konferensi juga akan mendengar pemaparan dari:

• Lord Black dari Telegraph Media Group
• Bob Satchwell, Direktur Eksekutif Society of Editors
• John Wellington, Managing Editor Mail on Sunday
• Sir Alan Moses, Ketua Independent Press Standards Organisation (IPSO)
• Robin Elias, Managing Editor ITV News
• James Stephenson, News Editor BBC News
• Aaqil Ahmed, Kepala Seksi Agama dan Etika BBC

Konferensi tersebut juga akan mendengar dari Editor The Muslim News, Ahmed J English dan sederet pakar yang telah menganalisa pemberitaan umat Muslim di media Inggris.

Profesor Tony McEnery, Direktur ESRC Centre for Corpus Approaches to Social Science di Lancaster University, mempresentasikan temuannya pada sebuah kajian yang baru-baru ini dilakukan bersama dengan sebuah LSM, Mend UK.

Konferensi tersebut juga mendalami pemberitaan tentang Islam dan Muslim dengan perspektif yang berbeda dari media elektronik dan media cetak, serta mendalami etika dalam keragaman media dan jurnalisme di Inggris saat ini.

Konferensi ini digelar untuk merayakan ulang tahun ke-25 The Muslim News, koran Muslim tertua dan terbesar di Inggris. (themuslimnews/sa)