Meski Bertaruh Nyawa, Pria Rusia Ini akan Jalani Cangkok Kepala

Valery Spiridonov. [totallycoolpix.com]

Karena menderita penyakit langka, seorang pria asal Rusia dijadwalkan akan menjalani transplantasi kepala utuh pertama di dunia pada Desember 2017.

Pria bernama Valery Spiridonov (30), bertekad menjalani transplantasi kepala setelah menderita penyakit langka Werdnig-Hoffmann.

“Ketika saya menyadari bahwa saya bisa berpartisipasi dalam sesuatu yang sangat besar dan penting, saya tidak ragu untuk melakukannya meski harus bertaruh nyawa,” kata Spiridonov yang berprofesi sebagai ilmuwan komputer di Rusia.

Dr Sergio Canavero, seorang ahli bedah saraf Italia, akan melakukan prosedur pada Spiridonov. Prosedur ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 36 jam dan membutuhkan kepala Spiridonov dan kepala pendonor didinginkan terlebih dahulu untuk memperpanjang masa sel untuk bertahan hidup tanpa oksigen.

“Menurut perhitungan Canavero, jika semuanya berjalan sesuai yang direncanakan, dua tahun adalah jangka waktu yang diperlukan untuk memverifikasi semua perhitungan ilmiah dan merencanakan rincian prosedur ini,” kata Spiridonov.

Ia bergurau bahwa hal pertama yang ia ingin lakukan setelah menjalani operasi cangkok adalah pergi berlibur.

“Operasi ini bertujuan untuk memulihkan kondisi orang yang cacat seperti saya. Ketika sudah pulih saya ingin mendapatkan hal yang biasa dilakukan orang yang sehat yakni berlibur,” katanya.

Operasi cangkok kepala ini akan berlangsung di Harbin Medical University di sebelah timur laut Provinsi Heilongjiang, China. Biaya yang digelontorkan untuk menjalani operasi ini mencapai 11 juta dolar AS atau sekitar Rp 157 miliar lebih. (suara/sa)