Dukung Yahudi, Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru

Hassan Rouhani. [channel4.com]

Hubungan mesra Iran dan Israel bukanlah isapan jempol semata. Setidaknya ini terlihat dari penghormatan Presiden Iran Hassan Rouhani atas keberadaan warga Yahudi yang hidup di Iran.

Dukungan itu tergambar dari sikap Presiden Iran Hassan Rouhani yang selalu mengirim ucapan selamat tahun baru kepada warga Yahudi. Tahun baru Yahudi juga akrab disebut Rosh Hashanah.

Baru baru inipun Hassan Rouhani mengulangi ritual ucapan selamat tahun baru Yahudi melalui twitternya.

“Semoga keturunan Ibrahim  memperdalam rasa hormat, membawa perdamaian dan saling pengertian. L’Shanah Tovah,” tulis Rouhani melalui akun Twitter-nya, Senin (14/9) pagi. Di akhir kalimat ia membuat tagar #RoshHashanah

Rouhani mengunggah ucapan Rosh Hashana serupa di akun Twitter-nya pada 2013 lalu, tak lama setelah ia menjabat.

Menurut situs Iran Jewish, situsnya komunitas Yahudi Iran, saat ini ada sekitar 25.000 hingga 30.000 Yahudi di Iran, terbanyak di ibukota Teheran, yakni berjumlah 15.000 orang.

Di negara ini ada sedikitnya 100 sinagog, sekitar 26 di antaranya ada di Teheran. Mereka bebas beribadah di dalamnya. Selain sinagog, umat Yahudi di Iran juga boleh mendirikan sekolah, pusat budaya, perkumpulan pelajar dan mahasiswa, perpustakaan, dan balairung perkumpulan. Mereka juga kerap menerbitkan buletin secara berkala.

Kehadiran Yahudi di Iran telah ada hampir tiga ribu tahun dan negara ini tetap menjadi rumah bagi ribuan keturunan asli Yahudi. Iran menjadi tempat yang nyaman untuk kaum Yahudi. (holil)