Pemerintah Tetapkan Idul Adha 24 September 2015

Setelah selesai sidang Itsbat tertutup yang dilakukan mulai pukul 19.00, Kementrian Agama mengumumkan hasil sidang tersebut, Ahad malam (13/09)

Adapun keputusan itu adalah pemerintah menetapkan Idul Adha 1436 Hijriah/2015 Masehi jatuh pada Kamis, 24 September 2015.

“Tadi kami mendengarkan laporan rukyat dari seluruh Indonesia. Dan tidak satupun yang melihat hilal. Jadi tahun ini kita menetapkan tanggal 1 dzuljihhan jatuh pada Selasa 15 September. Jadi artinya Idul Adha akan jatuh tanggal 24 September, pada hari Kamis,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Machasin di kantornya Jl MH Thamrin,
Jakarta.

Pada sidang isbat juga dihadiri sejumlah tokoh agama Islam, pimpinan ormas Islam dan beberapa utusan kedutaan besar negara terkait.

Sementara itu, ormas Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha tahun ini pada 23 September 2015. Sementara pemerintah baru akan menetapkan jatuhnya Idul Adha lewat sidang isbat.

Apabila terjadi perbedaan, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengharapkan agar masyarakat menghargai ketidaksamaan perayaan Idul Adha antara pemerintah dengan ormas Islam atau masyarakat.

“MUI sudah sepakat dan mencari kesamaan-kesamaan. Tapi kalau itu misalnya tidak sama, ya kita sudah punya komitmen saling pengertian dan saling legawa,” kata dia. (holil)