Pria ini Berpeluang Jadi Wali Kota Muslim Kedua di London

Sadiq Khan. [thetimes.co.uk]

Kota London, ibu kota Inggris berpeluang dipimpin oleh seorang muslim. Hal itu karena nama Sadiq Khan maju sebagai kandidat wali kota London. Pria berdarah Pakistan ini resmi diusung Partai Buruh Inggris untuk maju dalam pemilihan Walikota London yang akan digelar pada Mei 2016 mendatang.

Dilansir Daily Mail, Jumat 11 September 2015, Kepastian ini didapat setelah Khan berhasil menyingkirkan kandidat-kandidat lain dari Partai Buruh.

Sosok yang mengawali karier sebagai pengacara hak asasi manusia ini berhasil menyingkirkan koleganya di Partai Buruh seperti Tessa Jowell, Diane Abbott, David Lammy, Gareth Thomas dan Christian Wolmar, di mana sebagian besar adalah anggota parlemen.

Menariknya, jika Khan benar-benar terpilih sebagai wali kota London maka ia akan menjadi orang muslim kedua yang memangku jabatan penting di Kota London. Sebelumnya, seorang pria yang juga berdarah Pakistan, Nasir Malik, juga terpilih sebagai wali kota di London Barat.

Jika Partai Buruh telah menetapkan Sadiq Khan sebagai kandidat wali kota maka Partai Konservatif masih juga belum menentukan jagoannya yang akan maju. Baru beberapa nama yang dikabarkan akan maju seperti Zac Goldsmith, Andrew Boff, Stephen Greenhalgh, dan Syef Kamall.

London sendiri akan menggelar pemilihan wali kota pada 5 Mei 2016 mendatang.

Sedangkan incumbent, Boris Johnson dari Partai Konservatif yang telah memimpin London selama dua periode, tak lagi maju karena telah terpilih sebagai anggota parlemen. (viva/sa)