Umur Berapa Anak Siap Diajak Umroh?

Ilustrasi. [foto: kbihnurulhayat.org]

Abah, umur berapa anak siap diajak umroh, baik secara fisik maupun mentalnya?

Soal ibadah, menutup aurat, sholat dan ibadah-ibadah lainnya, permulaan anak mulai dilatih adalah usia 7 tahun, merujuk hadits shahih tentang pengajaran anak sholat.

Abu Daud (no. 495) dan Ahmad (6650) telah meriwayatkan dari Amr bin Syu’aib, dari bapaknya dari kakeknya, dia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ ، وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ  (وصححه الألباني في “الإرواء”، رقم 247)

“Perintahkan anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka.” (Dishahihkan oleh Al-Albany dalam Irwa’u Ghalil, no. 247)

Tetapi khusua soal umroh dan ibadah haji, karena ini ibadah yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk ukuran orang Indonesia yang jaraknya jauh, justru saya mengusulkan agar anak-anak diajak umroh dan ibadah haji saat usia sudah akil baligh. Meski bermanfaat, karena bagi anak belum baligh belum wajib (ibadah haji), maka akan lebih baik jika dananya untuk kebaikan lain yang bermanfaat. Misalnya membantu membebaskan orang miskin dari jeratan hutang dll. Kecuali memang shodaqohnya keluarga ini sudah “masya Allah”.

Wallahua’lam bishawwab.

Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari (Abah Ihsan)
Direktur Auladi Parenting School
www.auladi.net