Tiga Menteri Masih Menjadi Anggota DPR, Revolusi Mental Dipertanyakan

Terdapat tiga menteri di Kabinet Kerja yang sebelumnya terpilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019. Lalu bagaimana status mereka di DPR?

Rupanya ketiga menteri itu belum mengundurkan diri dari DPR. Hal ini diungkap oleh Koalisi Masyarakat Peduli Parlemen (KMPP).

Tiga menteri yang rangkatp jabatan itu antara lain Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

“Buat kami, ini justru mencoreng wajah parlemen kita,” ujar Anggota Dewan Presidium KMPP Yongki Aribowo saat konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta, Ahad (6 September 2015).

“Catatan kami hingga tanggal 14 Agustus 2015, Ibu Puan Maharani yang saat ini menjabat sebagai Menko PMK masih tercatat sebagai anggota DPR RI,” ujarnya.

KMPP pun mendesak agar para pembantu presiden untuk memberi contoh yang baik kepada masyarakat dengan mundur dari DPR. Terutama ibu Puan Maharani yang senantiasa mendengungkan jargon “Revolusi Mental”.

“Kami belum melihat adanya sikap keteladanan yang mencerminkan sosok seorang negarawan dalam kasus rangkap jabatan,” tandasnya.