Muslimah Berbisnis di Mata Indari Mastuti

Menjadi muslimah bukan berarti hidup dalam keterbatasan dan tak bisa berbuat apa-apa. Indari Mastuti adalah salah satu contoh dari muslimah yang pandai berbisnis. Siapakah Indari Mastuti?

Ia dikenal sebagai seorang entrepreneur di bidang penulisan, branding, dan sebagainya. Dibawah Indscript, Indari banyak membesarkan nama-nama penulis wanita berbakat.

Lalu bagaimana pandangannya tentang muslimah berbisnis dan arti sukses baginya? Simak wawancara Nurul Septiani, redaksi www.kabarumat.com dengan Indari Mastuti berikut ini.

Sebagai seorang muslimah yang menjadi entrepreneur, sukses menurut mbak Indari itu seperti apa?

Sukses tidak ada ukuran pastinya. Setiap orang punya standar sukses berbeda. Bagi saya, sukses itu adalah ketika kita bisa menguasai diri kita sendiri untuk berbagai hal.

Khususnya untuk bisnis, sukses adalah ketika kita mampu Menguasai pekerjaan yang berlimpah sehingga kita tidak disetir pekerjaan itu, kita mampu mengontrol emosi di saat kita seharusnya marah, kita mampu berbagi di saat kita merasa bahwa ilmu itu mahal harganya, kita bisa tetap stabil di saat bisnis memgalami goncangan, dan di saat kita mampu menjadi ruang belajar bagi orang lain meski merasa tidak sempurna.

Kok begitu, ya? Memangnya itu sukses dalam bisnis? Sebab bagi siapapun bisnis tetaplah tidak berdiri sendiri, letak kesuksesannya bergantung pada sejauh mana manfaat yang bisa disebarkannya.

Agar menjadi pribadi yang sukses bagaimana caranya?

Pribadi sukses adalah pribadi yang tidak pernah lelah untuk belajar. Kita harus terus meng-upgrade ilmu dan membaginya pada orang lain. Tetap rendah hati dan siap menerima saran dan kritik dari orang lain.

Saat ini mbak Indari memegang banyak bisnis, bagaimana caranya memulai bisnis bagi seorang pemula yang belum mengerti caranya berbisnis?

Berbisnis jangan karena ikut-ikutan. Pilihlah bisnis berdasarkan apa yang diminati dan passion kita sehingga menjalani bisnis menjadi lebih mudah dibandingkan menjalankan bisnis karena sekadar menjalankan.

Bisnis itu bukan hanya memulai tapi mengembangkan, maka tambah terus ilmu bisnisnya, bisa dengan membaca buku, ikuti seminar/workshop terkait bisnis, masuk ke komunitas bisnis, dan bergurulah pada mereka yang sudah memiliki bisnis lebih dulu.

Mba Indari juga terkenal, bagaimana sih caranya menjalin silahturahmi dengan orang – orang yang berpengaruh, apa rahasianya agar punya banyak jaringan?

Percaya diri sangat penting bagi semua pebisnis. Tak ada yunior dan senior dalam bisnis, yang ada partner kerja dan networking. Untuk bertemu dan bernetworking dengan orang-orang berpengaruh selain percaya diri, juga attitude kita.

Saat saya bertemu seorang pengusaha yang sudah sepuh, mendadak saya seperti cucunya. Ketika bertemu dengan yang sebaya, saya menjadi sahabatnya. Ketika bertemu yang lebih tua, saya seperti adiknya.

Menjadi bunglon untuk segala situasi, menyesuaikan dengan siapa orang yang ada di hadapan kita. Setelah bisa masuk ke lingkungan mereka, pintarlah membawa diri dan jaga kepercayaan sehingga mereka mungkin saja akan selalu happy mengenalkan ke lebih banyak jaringannya.

Bagaimana ya caranya mengatur waktu serta membagi waktu antara bisnis, keluarga, dan lain sebagainya?

Atur manajemen waktu dengan membuat to do list dan alokasi waktunya setiap hari. Lakukan secara kontinue dan jangan melakukan sesuatu diluar perencanaan to do list tadi, meski to do list sekali waktu bersifat tidak kaku.

Pengalaman ini yang kemudian membuat saya menulis ebook ‘ Jago Mengatur Waktu’ untuk memanajemen semua pekerjaan para ibu yang juga pebisnis.

Ternyata ketika kami bagikan ebook ini secara gratis pada ibu-ibu, banyak sekali membawa manfaat, bukan hanya untuk diri saya sendiri.