Gowes dan Agama di Mata Cucu KH Noer Ali

Tak banyak orang meluangkan waktunya untuk berolah raga setiap pekan di tengah kesibukannya.
Di antara yang tak banyak itu, Syamsul Falah salah satunya.

Anggota DPRD Kabupaten Bekasi  itu selalu menyempatkan diri setiap akhir pekannya untuk berolah raga. Syamsul yang juga Ketua Fraksi PKS itu menggowes sepeda yang menjadi kegemarannya.

Menurutnya,  berolahraga merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan. Membiasakan diri berolahraga berarti kita telah menjalankan pola hidup sehat. Olahraga menjadi kebutuhan hidup dalam rangka menjaga amanah. Karena Allah telah menganugrahkan kita tubuh yang sempurna baik bentuk maupun fungsinya.

“Nikmati kegiatan olahraga seperti adagium seorang pesepeda yang mengatakan, bersepeda itu bukan mengenai jumlah kilometer yang sudah ditempuh, tetapi lebih pada bagaimana cara menikmati setiap kayuhan,” papar cucu KH Noer Ali itu.

Kegemarannya mengayuh sepeda membuat Syamsul Falah sering diminta untuk berceramah dan mengungkapkan pentingnya olahraga dari sisi religius.

Menurutnya sehat juga merupakan anugrah terbaik yang harus dijaga setelah keimanan atau keyakinan.
Hal ini ditegaskan oleh Nabi SAW dalam salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Atturmudzi, Alhakim dan Ibnu Hibban. Dan Al Hakim telah menshohihkan hadist ini.

عن رفاعة بن رافع قال: قام أبو بكر الصديق على المنبر ثم بكى فقال: قام رسول الله صلىالله عليه وسلم عام الأول على المنبرثم بكى فقال : إسألوا الله العفو والعافية فإن أحدا لم يعط بعد اليقين خيرا من العافية.

Artinya:
Dari Rifaah bin Rafi telah berkata ia: Abu Bakr Assiddiq telah naik mimbar kemudian ia menangis dan berkata: Rasulullah SAW pada tahun pertama (hijriah) telah naik mimbar kemudian beliau menangis beliau pun berkata: memohonlah kalian kepada Allah kemaafan dan kesehatan. Karena sesungguhnya tidaklah kalian diberikan setelah keyakinan sesuatu yang lebih baik daripada kesehatan.

Syamsul Falah melanjutkan, Islam menempatkan kesehatan pada posisi yang tinggi. Karena dengan sehat kita bisa menjalankan misi diciptakannya manusia yaitu ibadah secara optimal.

“Maka dari itu jangan malas berolahraga, nikmati setiap gerakannya dan insya Allah memiliki nilai ibadah,” ajak Syamsul Falah. (holil)