Aduh… Tanpa Kesalahan, Wanita Ini Dibakar dan Dihakimi Massa

Kasihan sekali wanita ini. Halimah (35 tahun), seorang ibu rumah tangga, dibakar hidup-hidup karena tuduhan yang tak terbukti. Saat berkunjung ke rumah saudaranya di Delitua, Rabu (2/9/2015), Halimah menemui nasib naas itu.

Ceritanya, Halimah baru turun dari angkutan kota (angkot). Berjalan kaki menju rumah keluarganya, ia melintas di Jalan Gereja Gg Nogio, Kelurahan Delitua Timur, Kecamatan Delitua.

Namun tiba-tiba ada teriakan “MALING” yang mengarah kepadanya. Sontak massa pun berkerumun lantas menganiaya dan memukuli Halimah tanpa membawa bukti satu pun.

Lebih kejamnya lagi, ada seorang warga yang mengambil bensin lantas menyiramkannya ke tubuh Halimah. Kobaran api pun kemudian menjilati jasad Halimah tanpa ampun.

Beruntung ada petugas Polsek Delitua yang mendengar keributan ini yang lalu bergegas menuju lokasi keributan. Halimah diselamatkan. Api di badan Halimah dipadamkan. Dan ia dibawa ke rumah sakit Anirma yang dekat dengan lokasi.

Kanit Reskrim Polsek Delitua Iptu Jonathan Hutagalung SH memberi keterangan bahwa Halimah tidak terbukti melakukan pencurian.

“Saat itu Halimah belum ada memasuki areal pekarangan rumah Bela Ginting. Halimah hanya berdiri di luar pekarangan, tiba-tiba saja sudah dihajar dan dibakar warga. Sesuai Pasal 551 KUHP saja, Halimah tak memenuhi unsur pidana,” terangnya.

Sangat disesalkan masih adanya sikap main hakim sendiri di tengah masyarakat. Orang yang tak bersalah apa-apa pun bisa ikut dihakimi. Semoga Halimah lekas sembuh dan pulih dari trauma.