Lupa Doa Tahiyat Akhir, Apakah Harus Sujud Syahwi?

[foto: carasholat.com]

Diasuh oleh Ustadz Ardi Budiman

Assalamu’alaykum Ustadz, jika kita terlupa dalam do’a tahiyat akhir apakah harus sujud syahwi atau membetulkan bacaan doa tahiyatnya saja?

Jazakallahu khoyron

Mira Ummu Taqi
Depok

Jawab:

Jika yang dimaksud oleh penanya adalah lupa membaca doa yang dianjurkan setelah tasyahhud akhir, seperti doa memohon dihindarkan dari fitnah dajjal, maka tidak perlu melakukan sujud sahwi.

Tetapi jika yang dimaksud adalah lupa membaca tasyahhud akhir, lalu teringat setelah selesai salam maka sebagian ulama berpendapat bahwa itu sama saja dengan lupa satu rakaat penuh. Alhasil, menurut pendapat ini, orang yang lupa tersebut harus mengulang rakaat terakhir secara utuh dari alfatihah sampai tasyahhud akhir. Kemudian salam, lalu sujud sahwi dan ditutup dengan salam kembali.

Menurut pendapat kedua, dalam kasus semacam ini, maka orang yang lupa tersebut cukup mengulang tasyahhud akhir kemudian salam. Lalu sujud sahwi dan ditutup dengan salam kembali. Di antara ulama yang menguatkan pendapat kedua ini adalah Syeikh Muhammad bin Shalil Al-utsaimin rahimahullahu ta’ala (lihat kitab asy syarhul mumti’ ‘ala zadil mustaqni’. Cetakan Dar ibnil jauzi, kitab shalat, jilid 3, halaman 374)