Startup Istanbul 2015 Menantang Digitalpreneur Indonesia

Startup Istanbul dikenal sebagai ajang yang mempertemukan pebisnis digital, startup, investor dan peminat digital dan internet yang terbesar di Eurasia (Eropa dan Asia). Pada tahun ketiganya yang akan berlangsung tanggal 3-5 Oktober 2015 di Istanbul, Turki, Startup Istanbul akan menghadirkan 100 startups dari 40 negara (termasuk Indonesia), 1500 peserta konferensi, 14 pembicara utama dan 200 investor.
 
Khusus investor dan inkubator yang akan hadir di acara itu, sebut saja yang besar seperti Y-Combinator, Google Ventures, Microsoft Ventures, Intel Capital & Accel Partners, mereka akan berinvestasi di startups yang ikut Pitching atau kompetisi Startup. “Ini peluang yang menarik bagi startup Indonesia untuk go-international. Baik dari sisi exposure maupun peluang mendapat funding,” kata Endy Kurniawan, CEO Saiber Dunia Imaji, yang menjadi country ambassador event Startup Istanbul di Indonesia.
 
Pengunjung yang hadir bisa mendapatkan inspirasi dari suasana conference yang sangat atraktif di Lutfi Kirdar Conference Center, sekitar 5 menit jalan kaki dari pusat kota Istanbul : Taksim Square. Bagi startups yang masuk nominasi dan masuk sesi seleksi, ada program mentoring selama 2 hari penuh di Microsoft Center pada tanggal 3 dan 4 Oktober. Di tahap ini, mentor dari berbagi perusahaan investasi dan startups yang telah sukses akan berbagi ilmu berharganya.
 
Startup Istanbul diselenggarakan oleh Etohum, sebuah organisasi di Turki yang menjadi inkubator dan akselerator perusahaan-perusahaan digital. Selain menyelenggarakan event Startup Istanbul dengan skala besar, dimana tahun-tahun sebelumnya bahkan dihadiri oleh startup dari negara-negara Eropa barat, Etohum juga mengadakan event-event lebih kecil di berbagai kota di Turki. 
 
Pada tahun sebelumnya, ajang ini diwakili 1 startup dengan dua delegasi dari Indonesia. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di http://startupistanbul.com/register (untuk peserta/ delegasi) dan untuk startup yang akan berkompetisi bisa melalui link http://startupistanbul.com/startupapplication. “Target tahun ini adalah 5 startup dan 10 delegasi. Ada minat yang besar dari pegiat bisnis digital di Indonesia,” tutup Endy.