Halal Media Japan: Memudahkan Muslim Jepang Menikmati Makanan Halal

Mengkonsumsi makanan halal adalah kewajiban bagi setiap muslim dimanapun berada,  sekalipun saat berada di negara mayoritas non-muslim.

Buat beberapa orang yang tinggal di negeri non muslim, atau ada urusan dinas serta liburan di negeri non-muslim, maka hal yang paling dikhawatirkan adalah mencari makanan yang halal.

Hal inilah yang dirasakan oleh Akihiro Shugo, seorang warga di Jepang. Akihiro akhirnya berinisiatif membuat sebuah aplikasi untuk pengguna smartphone yang memudahkan muslim yang tinggal dan akan berpergian ke Jepang, mudah mencari makanan halal.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, karena di dalamnya terdapat klasifikasi-klasifikasi agar pengguna halal media dapat memilih lokasi restoran sesuai selera. Misal, ingin memilih restoran Turki, Pakistan, Indonesia, dan sebagainya. Tak hanya dari restoran milik muslim, namun ada pula restoran milik non-muslim Jepang yang juga menyediakan menu halal.

Akihiro Shugo tak hanya membuat aplikasi untuk smartphone saja. Untuk orang-orang yang tak memiliki smartphone, bisa mendapatkan informasi dan review berbagai makanan halal di website www.halalmedia.jp

Di website ini, tak hanya informasi restoran saja, namun ada pula informasi tentang toko yang menjual kue-kue halal, mushola di berbagai daerah, dan sebagainya.

Halal Media Japan memang fokus membuat informasi tentang Islam secara lengkap. Ditambah lagi, mereka pun memiliki konsentrasi untuk ikut serta dalam Japan Halal Expo. Sehingga Halal Media bisa menginformasikan produk makanan Jepang apa saja yang halal untuk dipasarkan di negeri-negeri muslim, seperti Indonesia, Malaysia, dan sebagainya.

Sekarang, sudah tidak perlu bingung lagi kan kalau ingin berlibur atau ada dinas di Jepang?

Nurul Septiani