Rakyat Masih Berperang, Belum Merdeka dan Bahagia, Pak Presiden…

Ilustrasi. [foto: tribunnews.com]

Pagi hari saat libur hari kemerdekaan, di sebuah warung kopi terlibat sebuah percakapan dua orang yang tampaknya sudah lama kenal,

“Merdeka mas…..!,” Sapa atang pada sahabatnya Bejo yang terlihat asik dengan kopi hitamnya.

“lho memang sudah merdeka tho…?” Jawab Mas Bejo sambil menyembunyikan kekagetannya.

“Ya iya atuh…,” Jawab atang yang tampak agak bingung dengan pertanyaan itu.

“Nah…!, Kamu tuh gak denger pidato pak presiden jokowi,opo..?,” balas mas bejo yang senang lihat kawannya kebingungan.

“Apa atuh Isi pidatonya…?” Tanya atang.

“Gini lho,  denger ya” jawab mas bejo sambil berdiri dari duduknya, berbicara sambil memegang buku TTS (Teka teki silang) mempraktekkan presiden Jokowi yang berpidato yang dia  lihat semalam.

“Sebagai negara berdaulat, kita harus menyadari bahwa sejatinya kita saat ini sedang ‘perang’. Bukan perang fisik seperti yang dilakukan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan tetapi perang untuk memenangi perdamaian, kesejahteraan, dan kehidupan rakyat yang bahagia.”

“Oh, gitu ya mas,” tanya atang.

“lha iya, sekarang saya tanya, apa sampean udah merasa bahagia sama kondisi sekarang, apa apa serba mahal..,semua serba naik, karyawan sudah banyak yang di PHK,pokoknya macem macemlah pasti situ juga merasakan,” ujar mas bejo yang merasa diatas angin atas ketidaktahuan sahabatnya.

“Iya juga mas, harga daging ayam sama sapi aja mahal banget sekarang, udah jarang makan daging eh… makin enggak ke beli, mas. Kasihan anak anak saya,” keluh atang.

“Nah itu tandanya, kamu tidak bahagia,artinya kamu itu belum merdeka, masih berperang seperti kata pidatonya pak jokowi,” mas bejo mencoba menebak kesulitan sahabatnya.

“Terus gimana atuh supaya merdeka, anak saya bisa sekolah, bisa makan daging lagi, ya bisa bahagia gitu,” tanya atang lagi dengan polos.

“Makanya, ayo kerja..,kerja..kerja…,” Seru mas bejo bak seorang motivator kelas wahid kepada audiennya.

“Kerja apa mas…!,” (sambil menunduk dengan mimik yang sedih),
“Saya baru kemarin di PHK dari tempat kerja karena perusahan sudah gak dapat order lagi…,” Jawab atang dengan wajah memelas.

By: SahabatBaik
Gajebo PI
Sabtu, 15 Agustus 2015