Mencegah Penyakit dengan Gowes Sepeda

Seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat akan kesehatan yang lebih menekankan tindakan preventif terhadap serangan penyakit maka merebaklah sarana olah raga atau kebugaran.

Bermunculan klub klub olah raga, gymnastik, beladiri, futsal dan gowes sepeda. Bahkan mereka menjadikan komunitas sendiri di kehidupan masyarakat salah satunya adalah olah raga gowes sepeda.

Tidak hanya ketika di akhir pekan saja mereka bareng bareng bersepeda melintasi alam yang natural tapi di hari kerjapun mereka mencoba back to natural tanpa berkendaraan mesin melainkan bersepeda,  “Komunitas Pekerja Bersepeda” (Bike-to-Work Community) atau B2W nama komunitas itu.

Bersepeda menjadi begitu populer saat ini karena ternyata seperti yang dimuat di situs ChainReactionsCycles.com.
Ada beberapa hal yang terjadi dalam 1(satu) jam ketika anda bersepeda

– 10 Menit Pertama
Rasa bebas dan lepas mulai merasuki anda. Perasaan senang dan riang semakin meluap seiring dengan putaran pedal yang semakin cepat

– 20 Menit
Perasaan riang anda memuncak dan badan anda mulai dialiri dengan cortisol, hormon yang menghalangi perasaan ngantuk atau ingin tidur

– 40 Menit
Pasokan darah dan oksigen ke otak mengalami peningkatan. Tersenyumlah, jika anda mempertahankan ritme sepeda sejauh ini selama 5 kali seminggu, resiko terserang penyakit akan berkurang secara signifikan (50% lebih rendah dibanding dengan seseorang yang jarang bergerak)

– 45 Menit
Hormon Serotonin dan Endorphin masuk ke dalam aliran darah, dan membantu memperbaiki mood anda. Tersenyum dan sapalah teman bersepeda yang berpapasan, sebab anda sedang menikmati masa terbaik dalam hidup anda.

– 60 Menit
Resiko penyaki jantung semakin turun seiring dengan setiap kilometer yang telah anda tempuh. (Resiko penyakit jantung anda menurun hingga kurang dari setengahnya dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga). Lanjutkan!

– >60 Menit
Pikiran anda mulai berdebat, apakah anda ingin melanjutkan perjalanan ini dan meningkatkan kenikmatan bersepeda ke tahapan selanjutnya atau anda akan berhenti dan melanjutkan kesenangan ini di kemudian hari. Apapun pilihan anda, anda telah menjalani kegiatan yang sangt berarti.

– <60 Menit Seiring dengan segala sel dan hormon dalam tubuh anda sedang berpesta, sudah saatnya anda mengkonsumsi nutrisi cairan atau makanan, baik itu dalam bentuk power bar ataupun hidangan berat. Ini terserah Anda. Selamat bersepeda! By : @sahabatbaik