Pemerintah Jamin Ketersediaan Daging Sapi

Pemerintah memberi garansi untuk penyelesaian kelangkaan daging sapi dalam negeri yang sekarang sedang terjadi. Menurut Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, pihaknya akan memanggil feed loader dan pedagang sapi bila mengganggu roda ekonomi Indonesia.

“Langkahnya jelas. Kalau mengganggu roda ekonomi kita harus segera ditindak. Oleh karena itu akan dipanggil semua fitloternya dan juga pedagangnya. Dipanggil untuk mengatasi. Pak mentan sudah panggil fitloter. Polda juga sudah memanggil para pedagannya,” terangnya di Gedung A, Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Jakarta, Senin (10 Agustus 2015).

Stok daging sendiri menurut Rahmat Gobel masih dalam keadaan cukup. Kenaikan harga daging hinga Rp 130.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 90.000 per kilogram pun dipertanyakan.

“Cukup kok stoknya. Di feed loader ada kok barangnya. Sapinya ada. Jadi pembicaraan dengan Menteri Pertanian tadi, di feed loadernya ada. Stoknya cukup,” jelasnya.

Pemerintah telah mengimpor daging bakalan dari luar negeri sebanyak 50 ribu ekor sapi untuk mengantisipasi kelangkaan daging di pasar.

“Impor bakalan akan kita keluarkan 50 ribu ekor lagi. Dan saya sudah berikan kepada Direktur Utama Bulog,” pungkasnya.