Jawa Barat akan Luncurkan Koperasi PNS Beranggotakan 14.000 Orang

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) pada Jumat kemarin (7 Agustus 2015) melakukan soft launching Koperasi PNS Jawa Barat di Bandung, Jawa Barat. Grand launching sendiri akan dilaksanakan pada 19 Agustus 2015 nanti.

Dengan Koperasi PNS tersebut, diharapkan banyak benefit siklikal yang akan dirasakan oleh masyarakat luas, para PNS sendiri dan pemerintahan baik Provinsi Jawa Barat maupun nasional.

Heryawan menjelaskan bahwa koperasi adalah usaha atas dasar semangat bersama untuk maju bersama-sama, memajukan kesejahteraan secara bersama sama. Semangat Koperasi sangat identik dengan semangat bangsa Indonesia, yakni gotong royong, kebersamaan dan maju bersama.

Perusahaan perorangan dan koperasi yang dimiliki oleh 100 ribu orang, bisa memiliki aset yang sama, misalnya Rp 6 triliun. Namun perusahaan, basis modalnya dimiliki satu atau sedikit orang saja, keluarga atau investor. Sementara koperasi, pemiliknya banyak orang. Manfaatnya juga untuk banyak orang.

“Saya punya ide, kita sering kesulitan modal saat ada proyek nasional jalan tol sebesar 12 triliun. Ini bisa diselesaikan kalau kita punya koperasi PNS seluruh Indonesia, dalam 2 tahun dengan iuran hanya 100 ribu pertahun, dikali 6 juta PNS sudah terkumpul modal 12 triliun. Nanti hasil dari tol itu juga bisa dinikmati secara bersama sama,” tutup Aher.