Sempat Muncul Gambar Bernuansa Natal di Web Provinsi Jakarta

Jagad media sosial saat ini sedang gempar dengan gambar pohon natal di web Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang beralamat di “jakarta.go.id”. Saat berita ditulis, Kamis (30 Juli 2015) gambar tersebut sudah tidak ada dan berganti tampilan “Sedang dalam perbaikan” sejak – kira-kira – pukul 10.40 pagi. Namun KabarUmat sempat mendokumentasikan tampilan sebelumnya yang dihebohkan.
Pohon Natal Jakarta

Dalam gambar itu, terlihat langit dan awan biru sebagai latar beserta kerlip bintang. Lalu di tengah-tengah gambar terdapat pohon cemara dengan kerlip bintang dan lampu-lampu kecil menghiasinya. Di pohon itu ada gambar ondel-ondel memanjat tangga, seperti sehabis mendesain pohon natal.

Di sisi kanan gambar, tampak ondel-ondel bertopeng merah dan berbaju merah dengan tumpukan kado. Mengingatkan pada sosok santa clause.

Di sisi kiri gambar juga terdapat gambar kado dan balon. Tulisan “jakarta.go.id Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta” tertera pula pada gambar itu yang pada huruf “g” dihiasi topi santa clause.

Desain web pemerintah provinsi Jakarta ini mendapat banyak komentar dari netizen. Anis misalnya, dalam status facebooknya menyatakan keheranan karena situasi sekarang masih terasa dalam suasana Idul Fitri, masih dalam bulan Syawal. Dan sebentar lagi umat Islam memperingati hari Idul Adha. Lalu mengapa ada pohon natal yang perayaannya masih lama?

Andri, bertanya juga mengapa temanya bukan sambutan hari kemerdekaan Indonesia, malah hari Natal yang masih jauh?

Ia juga mengkhawatirkan gambar itu sebagai provokasi terhadap umat Islam. “Ujung-ujungnya umat Islam dituduh SARA dan kelompok lain menikmati perannya sebagai korban,” ujarnya.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama saat ditanya wartawan, menjelaskan kemungkinan web tersebut sedang dihack.

 “Di-hack kali, lagi diperbaiki sekarang,” terangnya.