Menko Polhukam Sebut Masjid di Tolikara Terbakar, Bukan Dibakar

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemananan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno memiliki eksimpulan sendiri terkait pembakaran masjid di Tolikara, papua saat Idul Fitri lalu. Menurut politisi Partai Nasdem itu, yang terjadi bukan pembakaran masjid.

“Masjid itu terbakar bukan dibakar ya,” kata Tedjo.

Ia berani mengatakan itu usai bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe, berbagai elemen masayarakat, tokoh agama, kepala adat, TNI, dan Polri untuk menyampaikan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun kembali infrastruktur yang dirusak akibat kerusuhan tersebut.

“Saya laksanakan dialog bagaimana membangun kembali bangunan yang rusak dengan membangun 85 kios yang terbakar dan 15 untuk masyarakat di sana, dan membangun masjid kembali,” ujar Tedjo dalam seminar dengan tema ‘Suara untuk Papua’ di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Menurut Tedjo, masjid di Tolikara tersebut bukan sengaja dibakar yang diduga oleh jemaat GIDI. Melainkan, terbakar akibat percikan api yang terbakar di kios-kios tersebut. (kabarumat/okezone)