Reuni Terburuk dan Reuni Terindah

Ilustrasi. [image: soloevent.id]

Apakah teman-teman semua tahu reuni itu apa? Ya, reuni adalah sebuah pertemuan yang dilakukan karena dilandasi rasa rindu untuk mengenang masa lalu.

Tapi, apakah anda tahu, bahwa suatu ketika nanti kita akan dikumpulkan oleh Allah Azza wa Jalla dalam sebuah pertemuan? Ya, dan pertemuan itu nantinya akan dibagi dua, pertemuan terburuk dan pertemuan terindah.

Mari saya ceritakan program Reuni terburuk di hari akhir nanti. Reuni tersebut akan diberikan makanan dari api neraka, minumannya air mendidih yang sangat panas dan dapat merobek usus manusia, ditambah lagi di dalam reuni tersebut orang-orangnya telanjang, berwajah biru kehitaman, dan menangis terus ingin keluar. Dan yang lebih dahsyat lagi, dalam reuni tersebut, syaithan yang selama ini menipu manusia akan berkhutbah kepada manusia-manusia yang ada di dalamnya.

“Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: ‘Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri.  Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamu pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu.’ Sesungguhnya orang-orang yang lalim itu mendapat siksaan yang pedih.”
(QS. Ibrahim : 22)

Bayangkan, sudah tertipu oleh syaithon di muka bumi, dan dia tidak bisa menolong apa-apa buat kita di hari akhir nanti.

Sungguh, kita harus banyak berdoa agar tidak akan dan tidak pernah mendengar khutbahnya syaithon, karena khutbah ini hanya akan diperdengarkan untuk penduduk neraka. Itulah reuni terburuk yang semoga kita terhindar darinya. Apakah muslim juga masuk neraka? Oh iya, jika dia tak mau berhijab, suka makanan yang haram, suka riba,  dan hingga akhir hayatnya tak mau bertobat, mereka akan masuk neraka hawiyah, dan suatu saat hisabnya habis, mereka akan masuk surga, namun dengan sebutan Jahannamiyun (bekas penghuni jahannam dan akan terlihat bekasnya)

Mari kita beralih ke Reuni terbaik, terindah dan terelok. Reuni ini pertama kali ada di alam kubur. Salah satu nikmat kubur adalah, ketika ruh orang-orang beriman dan taat pada Allah dipertemukan di langit.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menyebutkan tentang keluarnya ruh manusia (dari jasadnya) lalu dibawa oleh para malaikat ke langit, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Arwah orang-orang yang beriman akan bertemu dengan arwah mukminin yang lain, maka mereka jauh lebih bergembira daripada kalian dengan dengan saudara kalian yang tidak hadir,  lalu malaikat mempertemukan arwah ini kepada mereka (teman-temannya), maka mereka saling bertanya-tanya, apa yang di kerjakan oleh si fulan ini. Lalu para malaikat berkata: doakan fulan ini sampai dia beristirahat, sesungguhnya ia telah selesai dari keletihan dunia….” (HR Al-Bazzar, Al-Hakim dan Ibnu Hibban di shahihkan oleh Imam Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Iroqi, Al-Arna’ut, Al-Mundziri, Al-Albani (Shahih Targhib Wat Tarhib (3559))

Begitu nikmatnya, kita punya sahabat banyak di alam kubur, tidak sendirian jika kita taat pada Allah semasa hidup di dunia. Kenikmatan ini belum selesai, masih ada kenikmatan lain yaitu, SURGA.

Kita akan memasuki gerbang pintu surga yang lebarnya sepanjang perjalanan selama 40 tahun, kita diberi kendaraan untuk saling mengunjungi sahabat, saudara, dan keluarga kita. Jadi, tak perlu risau jika kita tak pernah bisa menikmati rasanya liburan keliling dunia, nanti kita akan keliling surga bersama. Ditambah lagi kita bisa minum anggur, makan-makanan yang luar biasa lezatnya tak pernah ada di dunia. memakai gaun terindah, mutiara dan emas, paras pun jadi cantik dan takkan berubah menua. Reuni ini abadi, selamanya, takkan pernah ada lagi perpisahan.

Dan dari kenikmatan itu semua, kita bisa menatap wajah Allah Subhanna wa ta’ala tanpa ada tabir apapun. Kita bisa bertemu dengan Rasulullah dan para nabi lainnya, benar-benar reuni yang sangat menggembirakan.

Jadi, reuni manakah yang akan engkau persiapkan?

Nurul Septiani