Urusan Selfie, Pemerintah Rusia Punya Aturan Sendiri

Selfie memang urusan pribadi. Tapi di Rusia, urusan selfie sampai ada aturannya.

Latar belakangnya, ada banyak kasus selfie yang berujung celaka. Di tanah air, pernah juga ada kisah tragis seorang pendaki gunung yang jatuh ke jurang karena foto selfie. Di belahan dunia berbagai kejadian naas yang diakibatkan oleh selfie pun banyak terjadi. Termasuk di Rusia.

Belum lama ini, beberapa kasus selfie membawa maut memang sempat menyeruak di Rusia. Misalnya seorang wanita di Moskow sempat berfoto selfie memakai pistol tapi ia malah menembak kepalanya sendiri. Meskipun terluka parah, ia selamat berkat penanganan cepat di rumah sakit.

Kejadian terbaru malah lebih tragis, karena korbannya yang masih muda meninggal dunia. Korban bernama Anna Krupeynikova meninggal dunia setelah mengambil foto selfie di sebuah jembatan di Moskow.

Yelena Alexeyeva dari pihak Kementerian Dalam Negeri Rusia memberikan keterangan. “Sayang sekali, kami mencatat bahwa jumlah kecelakaan yang disebabkan selfie ini meningkat drastis. Sejak awal tahun ini, ada ratusan kasus cedera dan bahkan ada yang meninggal. Masalah seperti sungguh-sungguh ada.”

Kementrian Dalam Negeri Rusia mengeluarkan peraturan yang mengatur warganya berselfie dengan mengedarkan poster yang berisi gambar larangan selfie yang tidak pada tempatnya. Contohnya selfie sambil membawa senjata, selfie di dekat lintasan kereta api, hingga selfie di ketinggian

“Selfie yang keren sekalipun bisa saja menghilangkan nyawamu,” begitu bunyi tulisan di poster tersebut, sebagaimana dikutip laman The Guardian.

Baik dari pihak Pemerintah dan Kepolisian Rusia merasa perlu memberi peraturan ini karena mereka melihat semakin banyak korban berjatuhan karena selfie berbahaya. Bahkan, terdapat sekitar 100 orang di Rusia terluka atau tewas karena selfie sembarangan tidak pada tempatnya.