Kabar Palsu Implementasi Syariat Islam di Amerika Diedarkan Oleh Web Satire

Kabar mengenai sebuah kota di Amerika, tepatnya di Dearborn, yang menerapkan syariat Islam rupanya merupakan berita bohong. Kabar ini disiarkan dua tahun lalu, tepatnya Senin (28 Oktober 2013) , melalui situs National Report. Web ini, dalam halaman disclaimernya, mendeklarasikan sebagai laman berita politik satire. Laman wikipedia menulis bahwa konten dalam National Report ini hanyalah karangan fiksi.

Artikel mengenai sebuah kota di Michigan Amerika Serikat yang mengimplementasikan syariat Islam dibuat sekitar dua tahun lalu. Dalam berita palsu tersebut, dikabarkan bahwa penerapan syariat Islam akan diberlakukan efektif mulai 1 Januari 2014.

Tulisan di National Report ini juga pernah diulas oleh web huffingtonpost. Laman ini menceritakan bagaimana kabar palsu tersebut telah membuat kehebohan di sosial media. Saat tulisan itu dibuat, kabar palsu penerapan syariat Islam di Dearborn itu telah dibagikan (shared) sebanyak 88.000 kali.

Huffington menulis hanya sedikit orang yang “ngeh” bahwa kabar palsu itu hanyalah lelucon. Dikutip juga kemarahan seorang warga Amerika Serikat di media sosial yang berkomentar bahwa hal ini adalah inkonstitusional. Komentarnya itu ditulis dalam huruf kapital, saking marahnya.

Kabar palsu tersebut beredar sudah lama. Dua tahun yang lalu, atau Oktober 2013. Entah kenapa kembali beredar di media sosial dan aplikasi chatting.