Untuk Muslimah, Jangan Sembarangan Selfie! Pahami Arti Posemu di Sini!

Cantik dan makin anggun dengan jilbabnya. Gadis itu sejenak mengulurkan tangannya ke depan, lalu dengan beberapa pose ia mengambil gambar dirinya menggunakan tablet 8 inchi yang lumayan lebar itu. Ia tersenyum, meringis, memicingkan mata, dan… memajukan bibirnya. Manja, genit, imut, tercampur aduk kesan itu dalam foto-foto selfie yang kemudian ia pajang di akun sosial media miliknya.

Muslimah juga manusia. Punya hasrat untuk dipuji. Dan tercapai juga hasrat itu saat di kolom komentar tertulis kesan dari seorang temannya, “cantik bangeeeet….”

Sadarkah muslimah, bahwa foto dengan bibir mengerucut sejatinya mengandung pesan? Yang kadang ada pesan yang harus dihindari untuk disiarkan melalui sosial media. Karena menyangkut rasa malu dan wibawa diri.

Maimon Herawati, seorang dosen di Universitas Padjadjaran memberi penjelasan mengenai beberapa gaya yang sering dilakukan wanita di media sosial.

‘Berkali-kali saya menyarankan muslimah untuk menghindari memosting foto diri di media sosial dengan bibir mengerucut.

Bahasa Inggrisnya, puckered lips.

Saya tidak tega memberitahumu alasannya langsung. Tapi, karena, sepertinya hal ini semakin mewabah….saya harus terangkan ya Adinda”

Begitu tulisnya melalui pesan nasehat yang menyebar di sosial media dan grup-grup whatsapp.

“Menurut ilmu body language (Ilmu komunikasi terkait pesan yang disampaikan melalui gerak tubuh), puckered lips: A light puckering of the lips into a kiss shape typically indicates desire…(Bibir mengerucut seperti ciuman menunjukkan ‘desire’)

Sinonim ‘desire’ : wish, yearning, lust, passion…Noun ‘desire’ : want, longing…

Indicates desire….menunjukkan ‘ingin’….’mau’….’nafsu’… Semua, awalnya kiss…lalu ….”

Alumni Newcastle University itu memberi penjelasan juga mengenai pose menjulurkan lidah.

“Kalau mengeluarkan lidah, maknanya: When people are talking in romantic setting, sticking out the tongue can be a sign of lust. (Dalam setting romantis, mengeluarkan lidah menyampaikan pesan ‘lust’, atau sedang bernafsu)

Mirip ya?

Kalau lidah licking lips…dinampakkan menjilat bibir, wah artinya lebih lagi : As a deliberate signal to others it can be sexually enticing, saying ‘I would like to like you’. As such, it can be very arousing, particularly when done slowly and with other flirting signals such as a slightly lowered head and steady gaze. (Sebagai sinyal pada yang lain, menjilat bibir maksudnya menarik perhatian secara seksual. Oleh karena itu, [menjilat bibir] sangat menaikkan birahi apalagi jika dilakukan dengan lambat serta dikombinasikan dengan sinyal flirting/menarik perhatian lainnya seperti sedikit merundukkan kepala dan tatap yang tak berkedip) “

Rupanya seorang muslimah tidak bisa sembarangan berpose. Tentu saja karena hal itu menyangkut harkat dan harga dirinya. Muslimah yang telah terbalut jilbab dan ketaatan, tentu penjagaan dirinya lebih ketat daripada wanita biasa. Dan itu sebuah kemuliaan.

Jadi, hati-hati ya muslimah!