Dituduh Terlibat Mafia, Para Petinggi FIFA Ditangkapi

Kabar mengejutkan persepakbolaan dunia datang dari Swiss. Ketika para anggota FIFA tengah berkumpul di di Zurich dengan agenda pertemuan tahunan yang mengagendakan pemilihan presiden FIFA jumat nanti, beberapa petinggi FIFA malah ditangkap pihak kepolisian Swiss.

Setidaknya terdapat enam pejabat yang ditahan polisi Swiss dengan tuduhan kasus korupsi. Rencananya mereka akan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Di antara mereka yang tertangkap itu antara lain mantan wakil presiden FIFA Jack Warner, dan anggota eksekutif FIFA Eugenio Figueredo.

Presiden FIFA Sepp Blatter sendiri tidak termasuk. Juru Bicara FIFA Walter de Gregorio memastikan pria yang telah menjabat sejak 1998 itu tak terlibat dengan skandal korupsi, suap, serta penyalahgunaan kekuasaan tersebut.

Mereka diduga tersangkut kasus korupsi di organisasi itu selama 20 tahun terakhir, khususnya dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia. Korupsi diperkirakan juga terjadi dalam pemberian kontrak pemasaran dan penyiaran dengan nilai total lebih dari 100 juta dollar AS.

FIFA sedianya akan menggelar kongres untuk memilih kepemimpinan yang baru dalam Kongres pada 29 Mei nanti. Sepp Blatter sang petahana akan berjuang untuk terpilih yang kelima kalinya. Pria asal Swiss itu akan bertarung dengan kandidat lain yaitu Pangeran Ali dari Yordania.