Relawan Siaga Peduli Penderita Kusta

Kualitas iman seseorang akan tampak pada amal-amal shalih yang ia lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab amal-amal shalih lahir dari kekuatan iman seseorang. Kepedulian seorang muslim terhadap kondisi perut saudaranya merupakan salah satu amalan yang paling berharga. selain memiliki pahala besar, ia juga merupakan sebab kedekatan dan eratnya hubungan seorang muslimin dengan muslim yang lain.

Memberi makan kepada manusia (apalagi kepada fakir-miskin) merupakan tanda tingginya solidaritas. Tak heran jika Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam, menggelarinya sebagai “manusia terbaik”. Apalagi Bukanlah hal yang mudah memperhatikan sesama ketika kita susah dan payah, karenanya muslim seperti ini masuk kategori Ash Habul Maimanah ( QS Al-Balad 12- 18 ).

Relawan Siaga dengan program MENTARI (Membantu Ringankan Duka Penderita Kusta) tahap 1 telah usai dilakukan tanggal 31 maret s.d. 4 April 2015. Program ini disambut antusias kepala desa Tuwokona, Babinsa, Puskesmas, dan diketahui oleh Bupati Halmahera Selatan, tidak ketinggalan pula warga ikut serta mendukung suksesnya program.

Dalam program MENTARI ini, disalurkan kebutuhan pangan, sandang dan papan bagi penderita kusta dhuafa, pemasangan listrik dan pemasangan aliran air bersih serta membersihkan dan merapihkan tempat tinggal penderita kusta. Meski lokasi tempat tinggal ketiga penderita kusta tersebut jauh dari keramaian warga dalam artian diasingkan karena warga sekitar takut tertular, hal ini tidak menjadi hambatan untuk terus melakukan aktivitas sehari-harinya. Tim pun memberikan motivasi supaya mereka tetap semangat untuk hidup dan sehat sedia kala seperti yang diharapkan.
Program ini akan terus berlanjut sampai setahun insya Allah. Dengan memberikan pangan penderita kusta tsb. Adapun jenis pangan yang diberikan disesuaikan dengan menu yang ada disana. Sementara untuk donasi tim hanya mentransferkan dan memberikan tanggung jawab kepada salah seorang warga disana. Sehingga tim hanya mendapat laporan dari penanggungjawab tersebut.

Kami Relawan Siaga, mengajak, mendorong kaum muslim untuk bersama-sama membantu mereka saudara-saudara kita yang jauh disana di Tuwokona bacan selatan Halmahera selatan. Meringankan beban penderita kusta. Untuk lebih lanjut silahakan kunjungi FB Relawan Siaga,Tweetr @relawan siaga. Semoga Amal kita menjadi amal yang tidak putus.