Din Syamsuddin Mengaku Senang Bila Indonesia Menerima Muslim Rohingya

Ketua MUI Din Syamsuddin mengatakan ia akan merasa senang sekali bila Indonesia mau menampung muslim Rohingya yang terusir dari negerinya di Myanmar.

“Ada ketentuannya memang, tetapi saya pribadi senang sekali etnis Rohingya Myanmar bisa diterima di Indonesia karena kebetulan mereka tak berwarga negara dan mereka juga Muslim. Indonesia akan berbesar hati karena masih banyak pulau yang belum dihuni,” ujarnya di Pekanbaru, Senin (18/5/2015) malam.

Ia menilai Presiden Jokowi bisa menerima aspirasi itu secara langsung tanpa perlu pakai petisi.

“Ini pilihan yang baik, saya termasuk orang yang setuju. Tapi, tidak perlu pakai petisi, sampaikan saja kepada Presiden dengan baik,” kata Din.

Meski begitu, Din juga menyadari adanya konsekuensi bila Indonesia menerima pengungsi muslim Rohingya ini.

“Orang juga akan berbondong-bondong datang ke Indonesia, apalagi Indonesia saat ini masih punya banyak masalah juga. Tapi, dipilah-pilahlah,”

Din menghimbau umat muslim Indonesia untuk membantu saudaranya yang tertimpa musibah.

“Syukur alhamdulillah, banyak yang mau membantu. Untuk ini, dibantu saja, bagi Indonesia ini memang risiko. Anggap saja ini adalah ujian Allah ada orang yang terdampar di rumah kita,” ujarnya.

Pekan lalu, sekitar 600 orang pengungsi Rohingya asal Myanmar terdampar di Aceh Utara. Mereka mengaku tujuannya ialah ke Malaysia, tetapi ditipu tekong perahu sehingga mereka terombang-ambing di laut hingga akhirnya ditolong nelayan Aceh.