Odoj di Akhir Pekan

Akhir pekan atau weekend, bagi mereka yang punya banyak uang adalah saatnya menghilangkan kepenatan setelah satu pekan bekerja. Mereka memenuhi villa di puncak atau tempat wisata.

Bagi para buruh industri yang terhimpit secara ekonomi, waktu weekend justru terjepit oleh deritnya mesin produksi,lembur untuk menambah periuk nasi. Untuk mereka yang tidak kemana mana, yang malas biasanya mengisi libur dengan bermalas-malasan, buat yang ringan tangan ada saja yang mereka kerjakan membantu istri, bebenah rumah atau mengerjakan pekerja rumah yang tidak bisa dikerjakan karena padatnya waktu kerja dalam sepekan.

Apapun kegiatan yang kita lakukan pada akhir pekan bagi seorang muslim, hendaknya tidak melupakan waktu untuk beribadah dan beramal sholeh. Bagi teman teman yang bergabung dalam ODOJ (One day One Juz) yang telah berkomitmen untuk senantiasa mengkhatamkan bacaan qur an setiap hari, seharusnya tidak mengenal libur dalam membaca Al Quran,pun demikian diakhir pekan.

Semoga bukan sebuah penomena negatif, dibeberapa group ketika akhir pekan justru laporan odoj bisa sampai siang atau dirapel esok harinya. Tapi Kita patut berkhusnuzdhon kepada teman-teman member odoj yang mungkin banyak keperluan yang harus mereka lalukan.

Tak heran admin sering mengingatkan para member dengan gambar meme komik yang lucu. Entah siapa yang awal pertama kali mempostingnya. Gambar itu diambil dari para pelakon film Sopo Jarwo yang tayang di televisi.

Dalam gambar itu terlibat percakapan  Mang Ujang pedagang bakso dengan bang Jarwo.

“Naon eta teh, ada yang belum kholas..?, Tanya mang Ujang dengan logat kental sundanya.

“He..he.., kurang dikit kira-kira sepuluh lembar lagi, kang”  Jawab bang Jarwo.

“Walaupun libur, kholas tetap pantang mundur. Bila satu juz teratur, diri jadi jujur, hati tidak kufur, menambah rasa syukur ibadah tidak udzur, keluarga jadi akur, hidup jadi makmur” Demikian nasehat Mang Ujang kepada babg Jarwo.

Jadi, marilah kita sama-sama berazzam untuk tetap istiqomah menuntaskan tilawah kita setiap hari dan hari apapun itu.

Semangat bro, pahalanya bukan buat orang lain tapi buat diri kita sendiri. Wallahu a’lam.

 Sahabat Baik (Member ODOJ 70)