“Islam Merupakan Konsep yang Mutlak dan Hakiki”

Hujan tidak menghalangi niat para peserta Sekolah Pemikiran Islam (SPI) #IndonesiaTanpaJIL daerah Bandung untuk mengikuti kuliah kedua yang bertajuk “The Worldview of Islam” di Aula Mi’raj Tour, Jl. Cihapit no. 41, Bandung, pada Selasa (17/03) malam. Bersama pemateri Dr. Wendi Zarman, Doktor Pendidikan Islam lulusan Univ. Ibn Khaldun (UIKA) Bogor,  peserta diarahkan untuk mengenal lebih jauh tentang perbedaan antara cara pandang Barat dan juga cara pandang Islam mengenai kehidupan dunia beserta sosial dan budayanya.

“Islam memandang segala sesuatu berdasarkan kepercayaan yang berpusat kepada Allah SWT, sedangkan Barat memandang sesuatu dari berkembangnya sejarah dan proses di dalam masyarakat. Dengan demikian, Islam merupakan konsep yang mutlak dan hakiki, sedangkan konsep Barat akan selalu berubah secara periodik sesuai dengan akal dan pemahaman manusia.”, ungkap Dr. Wendi.

Kuliah yang dilaksanakan mulai pada pukul 19.30-20.30 WIB ini diikuti oleh puluhan peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Peserta terlihat sangat antusias dengan perkuliahan kedua SPI ini dan masih merasa kurang puas berdiskusi. “Harapannya, masalah seputar worldview ini masih akan dibahas di perkuliahan-perkuliahan berikutnya,” ujar salah seorang peserta yang tidak disebut namanya.

SPI merupakan bentuk edukasi yang diberikan gerakan #IndonesiaTanpaJIL untuk kalangan umum. Program ini sedianya akan dilaksanakan dari bulan Maret hingga Mei 2015 mendatang.