Assalamu’alaikum Mas Jarwo

Diteras sebuah pondok kecil tampak seseorang sedang bersenandung kecil lagu Rhoma Irama favoritnya.

Sekian lama aku menunggu
Untuk kedatanganmu
Bukankah engkau telah berjanji
Kita jumpa di sini
Datanglah, kedatanganmu kutunggu
Telah lama, telah lama ?ku menunggu

Tiba-tiba dari dalam pondok kecil itu keluarlah si empu pondok, “Lho Jarwo kok nyanyi-nyanyi gitu,”  tanya si empu rumah.

“Eh, Bang Haji Somad, iya, bang lagi nunggu temen-temen yang lain belum pada datang,” Jawab Jarwo dengan suara khas logat Jawa yg medok.

“Ya, kalau nunggu temen-temen yang lain, baiknye tilawah aje jarwo, lumayankan dapat satu atau setengah juz, jadi berkah deh nunggunye,” kata bang haji somad dengan bijak memberi nasehat kepada Jarwo.

Dari kejauhan tampak Dennis, seorang anak yang bertubuh tambun berjalan sambil berkata kepada teman-temannya. “Adit, mas sopo tuh dia Mas Jarwo udah nyampe.”

“Assalamu’alaikum”, salam mereka serempak kepada Mas Jarwo dan Bang Haji Somad.

“W’aalaikumsalam, Alhamdulillah teman-teman sudah datang bang haji,” jawab Mas Jarwo.

“Wa’alaikumsalam, ya kalau gitu langsung aje kite mulai liqonye, kite tilawah dulu ya,” ujar Bang Haji somad.

Terdengarlah suara dengung senandung Al Qur an dipondok kecil, yang memberikan ketenangan batin, membangkitkan semangat keislaman, terbina diri dalam bimbingan Ilahi. Inilah pengajian yang memecahkan kerinduan Bang Jarwo kepada teman-teman setelah sepekan terpisah dengan kesibukan masing-masing. Terlebih saat mendengar salam serempak yang diucapkan saudara-saudara pengajian pekanannya:

“Assalaamu’alaikum Mas Jarwo.”

Gajebo PI

09 Januari, 2015

By : @sahabatbaik