4 Manfaat Minum Air Putih Usai Bangun Tidur

Apa yang Anda lakukan saat bangun tidur di pagi hari? Selain berdoa bagi umat Islam, ada satu lagi aktivitas yang jika dilakukan makan akan bermanfaat bagi kesehatan yakni minum air putih.

Dikutip dari situs Health, ternyata banyak manfaat yang didapat dari minum air putih sesaat setelah bangun tidur. Berikut empat manfaat di antaranya:

1. Tubuh Akan Terhidrasi
Setelah semalaman, wajar jika Anda merasa dehidrasi. Mengembalikan cairan tubuh di pagi hari sangat penting karena akan meningkatkan jumlah sel-sel darah pada otot. Tubuh yang terhidrasi juga baik untuk aliran oksigen agar siap beraktivitas.

2. Detoksifikasi Tubuh

Air adalah sumber detoksifikasi alami. Minum air akan mengeluarkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, air juga bisa membersihkan kulit dari dalam. Penyerapan nutrisi dan pembersihan usus besar juga bisa didapat dengan minum cukup air di pagi hari.

3. Menurunkan Berat Badan

Air dapat membuat tubuh Anda lebih siap untuk mencerna. Minum air dalam keadaan perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh seharian. Bahkan, peneliti menemukan, peningkatan konsumsi air akan berpengaruh pada cepatnya pembakaran lemak dan bisa menekan nafsu makan.

4. Mencegah Penyakit

Jika Anda sering sakit, mungkin penyebabnya adalah karena tubuh kekurangan cairan. Air memiliki peran penting dalam mempertahankan sistem limfatik agar tetap sehat. Ketika sistem ini seimbang, tubuh mampu melawan infeksi yang bisa menyebabkan sakit pada tubuh. Jika cairan sudah dicukupi sejak Anda bangun tidur, maka tubuh akan lebih kuat untuk melawan sumber penyakit yang menyerang ketika Anda beraktivitas seharian.