Jangan Lupa Sholat, Tuan Presiden…

Joko Widodo. [foto: politik.rmol.co]

Hari ini, Senin 20 Oktober 2014, kita akan resmi memiliki presiden baru yakni Jokowi. Terlepas dari berbagai kekurangannya, kita harus menghormatinya. Dan berikan ia kepercayaan untuk menuntaskan janji-janji kampanyenya.

Selain ucapan selamat, kita juga harus terus mengingatkan kepada Jokowi tentang betapa beratnya sebuah amanah, terlebih menjadi seorang presiden. Banyak yang sukses melaluinya, namun banyak pula yang terjerembab saat kekuasaan berada dalam genggaman amanahnya.

Sebagai sesama muslim, kita patut mendoakannya dan mengingatkannya agar tak lupa mendirikan sholat. Ya, karena beban sebagai pemimpin akan terasa ringan saat kita tak meninggalkan sholat. Terlebih sholat merupakan pembeda antara yang muslim dan non muslim serta menjadi amalan pertama yang akan dihisab Allah.

Saya merasa penting untuk mengangkat soal sholat ini karena melihat jadwal pelantikan Jokowi yang sangat padat dan seperti tidak menyisakan waktu untuk sholat. Coba simak rundown acaranya:

1. Pukul 10.00 WIB, Jokowi dan Jusuf Kalla dilantik di gedung DPR-MPR Senayan. Panitia Syukuran Rakyat #Salam3Jari menggelar acara nonton bareng siaran pelantikan menggunakan layar lebar di Monas, berbarengan dengan konser.

2. Pukul 12.45 WIB, Jokowi selesai menghadiri upacara pelantikan. Jokowi tiba di Bundaran Hotel Indonesia, dan diarak menuju Monas dengan menggunakan andong.

3. Pukul 14.00 WIB, Jokowi tiba di Istana Merdeka untuk menghadiri acara pisah-sambut dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seusai acara, Jokowi berjanji mengadakan acara open house di Istana untuk 700 warga.

6. Pukul 16.00 WIB, Jokowi dijadwalkan menghadiri konser rakyat di Monas. Jokowi akan bernyanyi bersama Slank dan musisi lainnya sampai menjelang Maghrib. Di Monas, Jokowi akan memotong nasi tumpeng dan menyampaikan pidato kerakyatan.

7. Pukul 19.00 WIB, Jokowi kembali ke Monas untuk menghadiri doa bersama lintas agama dan acara pelepasan 300 lampion hingga sekitar pukul 22.00

Timbul pertanyaan, kapan Jokowi sholat dzuhur dan ashar? Saya berharap jadwal sholat tidak dipublikasikan, tapi sudah ada dalam agenda. Semoga saja, karena saya yakin Jokowi sebagai muslim taat.

Saya juga ingin mengingatkan Jokowi soal sholat subuh berjamaah di masjid. Mengingat sholat ini adalah yang paling berat dilakukan terutama oleh mereka yang munafik.

Mengapa ini saya anggap sangat penting? Sebab saya baru saja membaca berita di Detik.com dengan judul Jokowi Mengaku Tidur Pulas Jelang Pelantikan. Diberitakan, saking pulasnya, Jokowi baru bangun pukul 05.15 Wib.

Setahu saya, jadwal sholat subuh hari ini pukul 04.13 Wib. Berarti satu jam lebih beliau melewati subuh. Saya berkhusnudzhon beliau kelelahan dan baru kali ini kesiangan. Dan saya yakin, pada subuh lainnya saat beliau sudah menjadi presiden, tak akan kesiangan.

Sementara itu yang bisa saya sampaikan kepada presiden baru kita. Tak banyak, hanya soal sholat, namun itu menjadi pondasi bagi kita sebagai muslim, apalagi jika memegang amanah sebagai penguasa. Mendirikan sholat akan membuat kita tercegah dari perbuatan keji dan munkar.

Selamat mendirikan sholat,  Tuan Presiden…

Erwyn Kurniawan
Pimred Kabarumat.com