Manfaat Menyantap Buah Sebelum Makan Nasi

[foto: infonada.blogspot.com]

Rasulullah saw meminta kita untuk menyantap buah sebelum makan nasi. Sunnah tersebut ternyata banyak memiliki manfaat. Berikut penjelasannya.

  1. Buah harus selalu dimakan 20-30 menit sebelum makan nasi
    Anda tentu bisa makan buah setelah makan nasi. Namun, Anda harus menunggu sampai tiga jam kemudian. Makan buah sebelum makan nasi dapat membantu mengurangi berat badan karena membuat Anda merasa lebih kenyang.
  2. Meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh
    Karena tubuh kita tidak mendapatkan makanan apapun selama delapan sampai sembilan jam ketika tidur, dianjurkan untuk memasukkan buah-buahan dalam menu harian Anda setiap pagi (sebelum sarapan). Hal ini dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.
  3. Hindari makan buah sebagai lauk pada makanan
    Makan buah sebagai pencuci mulut tidak memberikan hasil terbaik bagi tubuh seperti buah yang dicincang dan dicampur ke dalam salad atau es krim.
  4. Hindari buah kaleng, buah beku atau buah yang telah diproses
    Buah-buahan yang tinggi kadar gula, pengawet atau bahan kimia dapat berbahaya bagi tubuh. Mereka tidak dianggap sebagai buah yang sehat.
  5. Menyerap nutrisi penting
    Makan buah setiap pagi saat perut kosong (sebelum sarapan) membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting yang ditemukan dalam buah-buahan.