Maha Luasnya Kursi Allah

Ilustrasi. [foto: hqwide.com]

“…Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara ke­dua­nya, dan Dia Mahatinggi, Maha­besar.” (QS: Al Baqarah: 255)

Kursi Allah adalah makhluk yang diciptakan Allah swt yang luasnya melebihi luas langit dan bumi. Perbandingan antara Planet bumi dan Planet Sirius: Planet Sirius 10 kali lebih besar daripada bumi; ada juga Planet Pollux yang jika dibandingkan dengan matahari, Pollux lebih besar 512 kali; ada juga Planet Arcturus yang besarnya 30.000 kali daripada matahari dan 40 juta kali lebih besar daripada bumi.

Selain itu, ada juga Planet Rigel yang ukurannya 343.000 kali lebih besar daripada matahari dan 400 juta kali lebih besar daripada bumi; Planet Antares berjarak dengan bumi sekitar 600 tahun cahaya atau sekitar 5.676.480.000.000.000, lebih terang 10.000 kali daripada matahari, diameternya berukuran 300 juta km.

Hingga kini, planet terbesar yang ditemukan manusia adalah VY Canis Majoris jaraknya dengan bumi 5 ribu tahun cahaya, lebih lebar dari matahari dengan 9 juta dan dengan bumi 261 juta.

Rasulullah saw bersabda bahwa alam semesta yang luas ini jika dibandingkan dengan Kursi Allah swt adalah seperti sebongkah batu yang dilempar di padang pasir yang sangat luas. Lebar ’Arasy Allah jika dibandingkan dengan kursi-Nya sebesar bongkahan batu di padang pasir yang sangat luas. (Sumber: Buku The Great Quran, Maghfirah Pustaka)