Di Balik Burger McDonald

Seruan boikot produk Zionis Yahudi kembali menggema seiring tindakan bar-bar militer Israel terhadap rakyat Gaza, Palestina. Dan salah satu produk yang kerap disebut untuk diboikot adalah McDonald.

Mengapa makanan cepat saji tersebut layak diboikot? Berikut beberapa fakta mencengangkan di balik lezatnya burger, renyahnya ayam goreng dan gurihnya kentang goreng Mc Donald.

  1. Mc Donald merupakan partner terbesar Jewish United Fund dan Jewish Federation. Lewat komisi Israel, McDonald bekerja memelihara dukungan militer, ekonomi dan diplomatik AS terhadap Israel.
  2. Melalui program ‘Fun-filled Summer Family Missions to Israel’’, McDonald mengajak keluarga anda mengunjungi basis militer dan bertemu dengan serdadu Israel di Kiryat Gat, selatan Israel.
  3. McDonalds memberikan dana bantuan US$13 juta setiap tahun untuk membantu pembangunan permukiman Yahudi di Kiryat Gat.
  4. Restoran pertama McDonalds di kawasan Timur Tengah, dibangun di Israel pada 1993. Sejak itu 160 gerai makanannya, mempekerjakan 4 ribu warga Israel. Dan sejak April 2009, McDonalds membuka 15 cabang McCafe dan berniat membuka 10 cabang baru lainnya setiap tahun.
  5. McDonald pernah memberhentikan seorang karyawannya yang berbahasa Arab. Selain itu, pada Juli 2011, McDonalds pernah menarik iklan di Mesir yang berisi nyanyian mengkritik Israel. Ini semua berdasar permintaan American Jewish Committee (AJC).

Apakah anda masih mau melangkahkan kaki ke McDonald? (wyn)