Premiere League Belum Dimulai, Wenger sudah Mengeluh

Arsene Wenger. [foto: Getty Images]

Baru pekan ini Premiere League dimulai, namun manajer Arsenal Arsene Wenger sudah mengeluarkan keluhan. Menurutnya, start Liga Inggris terlalu cepat sehingga bisa mengakibatkan cedera.

Premier League 2014-2015 mulai bergulir akhir pekan ini. Siap tak siap, semua klub akan mulai bertanding dan mengawali kiprahnya. Arsenal sendiri akan membuka perjalanan di musim baru ini dengan menjmu Crystal Palace di Emirates Stadium, Sabtu (16/8/2014) malam WIB nanti.

Dalam laga ini, Arsenal kemungkinan besar bakal tampil tanpa sejumlah pilar seperti Per Mertesacker, Mesut Oezil, dan Lukas Podolski. Ketiganya belum mencapai level kebugaran yang cukup prima untuk bermain, karena datang belakangan di sesi pramusim akibat tampil di Piala Dunia 2014 lalu.

Hal ini memicu kritik dari Wenger, yang menilai Premier League dimulai terlalu cepat. Alhasil klub-klub yang sejumlah pemainnya tampil di Piala Dunia tak sempat mendapatkan waktu yang cukup untuk memulihkan diri dari masa liburan.

Risiko yang dipertaruhkan pun tak main-main. Jika dipaksakan bermain, para pemain tersebut berpotensi mengalami cedera. Wenger lantas membeberkan kejadian yang menimpa dua bek Paris Saint-Germain, Thiago Silva dan David Luiz.

Silva mengalami gangguan pada hamstringnya dan diperkirakan menepi selama sebulan, sementara Luiz diyakini belum sepenuhnya dalam kondisi siap. PSG sendiri menang telah memulai liga sejak sepekan yang lalu.

“Kami sedikit kurang waktu dalam soal persiapan. Kami punya 11 pemain yang tampil di Piala Dunia, kebanyakan dari mereka punya libur yang lebih panjang setelah itu,” kata Wenger kepada Sky Sports.

“Final Piala Dunia berlangsung pada 13 Juli, sementara start Premier League pada 16 Agustus. Jika Anda ingin memberikan masa libur untuk para pemain, persiapan Anda menjadi sangat pendek,” lanjutnya.

“Kami bisa menyelesaikan persiapannya dengan satu pekan berikutnya, dengan semua kompetisi tersebut. Jika Anda tidak memberikan para pemain libur yang cukup atau latihan yang cukup dalam persiapan mereka lalu langsung memainkannya, maka mereka akan cedera,” tambah manajer 64 tahun ini.

“Contohnya, ada dua pemain Paris Saint-Germain Thiago Silva dan David Luiz, yang kembali ke klub sedikit lebih cepat dan langsung bermain. Thiago Silva menepi selama sebulan, David Luiz juga cedera,” pungkas Wenger. (Awa/detik)