Obama Ucapkan Selamat kepada Erdogan

Ilustrasi: Erdogan dan Obama saat bertemu di tahun 2012. [foto: tribune.com.pk]

Kemenangan Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan dalam pemilihan Presiden Turki mendapat respon dari para pemimpin dunia. Salah satunya Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Ia memberikan ucapan selamat dan memuji pidato Erdogan setelah resmi menjadi Presiden terpilih.

Presiden terpilih Erdogan bersumpah untuk mengejar masa rekonsiliasi di Turki. Ini disampaikannya dalam pidato kemenangan, setelah mengamankan lebih dari 52 persen suara pada Minggu (10/8/2014) lalu.

“Presiden memuji pidato perdana menteri pada hari Minggu dan mencatat bahwa sebagai presiden terpilih pertama Turki. Perdana menteri yang memiliki kesempatan bersejarah untuk Turki lebih bergerak ke depan,” dalam pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, Selasa (12/8/2014).

Erdogan merupakan presiden pertama Turki yang dipilih menggunakan sistem pemilihan presiden langsung. Erdogan memperoleh 52 persen suara.

Salah satu pesaingnya, Ekmeleddin Ihsanoglu hanya meraih 38 persen suara. Sedangkan Selahattin Demirtas harus puas setelah hanya bisa meraih 10 persen suara. (Nia/reu)