Keajaiban Rahim Ibu dan Janin

Rahim ibu dan janin adalah bukti kebesaran Allah. Dalam Surah Ar Ra’du ayat 8 Allah berfirman yang artinya: Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, apa yang kurang sempurna dan apa yang bertambah dalam rahim. Dan segala sesuatu ada ukuran di sisi-Nya.

Dalam buku The Great Quran: Referensi Terlengkap Ilmu-Ilmu Al Quran yang diterbitkan Maghfirah Pustaka, dijelaskan bahwa ukuran satu sperma laki-laki sekitar 0,005 mm atau sekitar 5 mikron. Dan sperma yang keluar dari laki-laki saat bersenggama sekitar 200 juta sperma. Menariknya, hanya satu yang akan membuahi sel telur perempuan dan itupun belum menjamin keberhasilan.

Sementara itu, jumlah sel perempuan sekitar 400 juta sel telur dan setiap bulannya, jika sel telur tersebut tak dibuahi akan rusak dan menjadi darah haid. Setelah terbuahi, resiko terbesar adalah gugur yang secara medis ada 78% dari kandungan awalnya adalah tidak berhasil. Saat janin telah membuahi sel telur, ada yang juga tetap masuk tetapi tidak menjadi janin dan inilah yang yang belum dapat diungkap ilmu medis.

Setelah dibuahi, sel telur berkembang menjadi janin. Ketika usia dua bulan, ukurannya 5 gram dan panjang 3-5 cm. Di bulan kesembilan, beratnya mencapai 3 Kg dan panjangnya 50 cm.

Saat sperma membuahi sel telur, maka zigot akan tersimpan dalam tempat “yang begitu kuat”. Ahli Tafsir mengatakan yang dimaksud dengan “yang kuat” adalah rahim wanita. Rahim sendiri terdiri dari dinding rahim yang tersusun dari lapisan luar yang tipis terbuat dari protein. Dan lapisan tengah yang hangat terdiri atas tiga otot dan penutup dalam.

Rahim dapat membesar hingga 3.000 kali dari bentuk awalnya. Ia terlindungi tulang yang kuat, yakni tulang yang paling kuat yang dimiliki wanita dan otot bernama perineum.

Periode janin dalam rahim ibu ditentukan Allah selama minimal 177 hari atau 6 bulan dan maksimal 266 hari atau 9 bulan. Ketika janin keluar, ia sudah dalam keadaan sempurna.

Masa janin dalam rahim adalah periode yang sempurna. Janin dan rahim ibunya adalah tempat paling aman. Inilah salah bukti kebesaran Allah yang dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan modern. (Nia)