Bedong Bayi, Bermanfaatkah?

[foto: tempo.co]

Membedong bayi merupakan cara tertua untuk menenangkan bayi. Mungkin ini untuk mengingatkan bayi ketika berada di dalam rahim ibunya. Namun, ada 2 masalah berkaitan dengan metode tidur ‘terikat’ ini.

Pertama, banyak bayi yang awalnya menikmati dibungkus ala burrito ini dan akhirnya memilih lepas darinya dengan cara meregangkan kedua tangannya (ternyata, ini akan memperkuat otot-ototnya) pada usia 3 bulan.

Kedua, dibedong memang bisa menenangkan bayi, tapi jangan biarkan dia dalam keadaan ini sepanjang malam. Bagaimana pun, terlalu sering atau lama membedong si kecil bisa memengaruhi pertumbuhan sendi pada pinggulnya.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk membantu bayi tidur tanpa harus ‘dibungkus’:

Posisikan Anda sebagai bayi.
Bagaimana caranya Anda ingin tidur? Berbaring di kamar yang gelap, kamar yang tenang, di balik kisi-kisi boks, atau tidur sendiri? Atau, apakah Anda ingin dipeluk pengasuh Anda? Jadi, kenali dulu keinginan anak.

Ciptakan ritual tidur.
Misalnya, ditimang-timang, dinyanyikan lagu favoritnya, atau mandi air hangat. Dari sini, ia akan belajar mengkaitkan berbagai hal ini dengan tidur. Begitu Anda memulai rutinitas ini, ia tahu bahwa inilah saatnya untuk tidur.
Untuk menghindari jebakan ‘ia hanya akan tidur kalau saya menimang-nimangnya’, misalnya, pastikan Anda menciptakan juga berbagai hal yang berkaitan dengan tidur. Juga, Anda dan pasangan sebaiknya bergantian menidurkan anak. Jadi, ia terbiasa dengan ritual tidur masing-masing orang tua.

Buat bayi capek.
Setelah makan dan siap untuk tidur, letakkan dia dalam gendongan dan berkeliling rumah. Begitu ia terlelap, buka gendongan dan taruh dia dalam boks. Cara ini sangat membantu bagi bayi yang tidak mau cepat-cepat tidur.

Coba ‘ayun-ayun’ untuk tidur.
Bayi paling senang ‘diayun-ayun’, apakah ia berbaring di dada Anda saat Anda duduk di kursi goyang atau ditimang-timang. Kalau cara ini tidak berhasil juga, letakkan carseat di dalam mobil dan berkeliling kompleks sampai ia tertidur. Setelah itu, barulah taruh dia dalam boks.

Pasang musik.
Nyalakan CD lagu nina bobok favorit anak atau rekam suara Anda yang menyanyikan lagu tersebut. Pasang lagu-lagu ini hanya menjelang waktu tidur sehingga ia belajar mengaitkannya dengan tidur.

Hati-hati dengan pilihan metode tidur. Bayi harus tetap didampingi saat tidur. Hindari metode tidur yang ‘keras’, yakni biarkan ia menangis sampai tertidur. Bila hal ini dilakukan pada bayi yang masih terlalu kecil dan secara kaku, hal ini bisa membuatnya gelisah. Bayi pun merasa takut tidur. Jadi, pilih metode tidur yang sehat agar bayimerasa senang dan aman. (Kur/parenting)