Sekolah PBB Diserang Israel, Ban Ki Moon Hanya Bisa Mengutuk

Sekolah PPB di Gaza diserang Israel. [Foto: MSN]

Betapa tak berdayanya lembaga sebesar PBB. Meski sekolahnya diserang Zionis Israel, Sekjen PBB, Ban Ki Moon hanya bisa mengutuknya dengan kalimat ‘kebiadaban moral’ dan ‘tindakan kriminal’.

Ban mengatakan pelanggaran terang-terangan atas hukum internasional itu berarti mereka yang melakukannya akan dituntut pertangungjawaban.

“Kegilaan ini harus dihentikan,” tegas Ban dalam pernyataannya.

Serangan di Rafah itu mengenai gerbang masuk sekolah, yang menjadi tempat penampungan ribuan warga Palestina yang mengungsi dari perang Israel-Hamas.

Israel sudah membantah menyerang sekolah itu namun mengatakan ada pertempuran di sekitar sekolah.

Juru bicara pemerintah Israel, Mark Regev, mengatakan jika militan Hamas membuat sekolah menjadi kawasan perang maka mereka yang harus diminta pertanggungjawaban.

Kementrian Kesehatan Gaza mengatakan sedikitnya 30 orang tewas Minggu 3 Agustus, sementara militan Hamas terus menembakkan roket ke wilayah Israel.

Sejak Israel melancarkan operasi militer 8 Juli lalu, sekitar 1.750 warga Palestina tewas -sebagian besar warga sipil- dengan 9.000 lebih cedera.

Militer Israel mengatakan akan meneruskan misinya di Gaza.
Di kubu Israel, 66 orang tewas, termasuk Letnan Dua Hadar Goldin yang sudah dikukuhkan tewas setelah diculik militan Jumat 1 Agustus.

Seorang juru bicara militer Israel, Letkol Peter Lerner, mengatakan misi akan diteruskan dengan operasi pasukan darat. (Kur/bbc)